Sejarah Kebangkitan Pariwisata

Ahmad Rizal Ramdani. (Suara NTB/Penrem 162/WB)

AJANG balap motor internasional atau World Superbike (WSBK) Mandalika berlangsung lancar berkat sinergi pemangku kebijakan dan masyarakat. Tidak terkecuali pada aspek keamanan dan pengamanannya. Kesuksesan menggelar kegiatan internasional ini menunjukkan NTB pantas berada di panggung dunia.

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani bersyukur atas dukungan masyarakat yang turut berperan bersama dalam membangkitkan perekonomian daerah. ‘’Ini merupakan sebuah sejarah indah dari NTB untuk Indonesia dan dunia,’’ ujarnya, Senin, 22 November 2021.

Iklan

Masyarakat NTB, kata Rizal, patut berbangga. Seri penutup WSBK kalender balap 2021 ini tuntas terlaksana dengan menyisakan kesan positif bagi semua pihak. Dia mengapresiasi kinerja personelnya yang mendukung Polri dan pemerintah daerah dalam pengamanan.

“Semua sepenuh hati dengan segenap kemampuan bersama-sama merealisasikan demi suksesnya penyelenggaraan event dunia Superbike ini,” terang jenderal bintang satu ini.

Momentum euforia ini menurutnya perlu terus dijaga. Sebab, kegiatan tersebut menandai bangkitnya perekonomian masyarakat. “Ini adalah momentum mewujudkan Indonesia maju,” tegas Danrem.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya melontarkan apresiasi atas pelaksanan WSBK Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Purnawirawan jenderal bintang empat itu turut menyaksikan balapan terakhir pada Minggu, 21 November 2021.

Mengutip unggahan Facebook-nya, Luhut mengutarakan kebahagiaannya bisa memastikan kelancaraan pelaksanaan balapan secara langsung dari sirkuit. Mandalika yang sebelumnya tidak populer dengan cepat sejajar dengan negara lain di bidang balapan otomotif.

“Namun saat ini, nama Mandalika menjadi buah bibir seantero negeri bahkan sampai ke mancanegara karena kencangnya suara deru mesin motor-motor yang sedang melangsungkan balapan di sirkuit ini,” tulisnya.

Luhut pun mengungkapkan kebahagiaannya melihat sirkuit itu berhasil dibangun, diuji coba hingga terlaksananya lomba oleh seluruh penyelenggara. “Kesulitan, hambatan serta cibiran yang sempat menyertai proses pembangunannya, serasa tak pernah ada ketika melihat satu demi satu impian ibu pertiwi berhasil diwujudkan,” sambungnya.

WSBK Mandalika seakan menyadarkannya kembali tentang tugas besar pemerintah ke depan. Tujuannya agar keberadaan sirkuit tidak hanya memberi kebanggaan, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan negara.

“Setelah ini, saya sadar tugas besar menanti pemerintah. Yaitu bagaimana kami dapat terus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah ini mengingat Mandalika juga menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Merapikan apa yang belum tuntas mulai dari akses transportasi, penginapan hingga sarana yang ada,” tutupnya. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional