Sehari ITDC Suplai 13.500 Liter Air Bersih

Penyaluran air bersih oleh ITDC bagi warga terdampak pembangunan Sirkuit Mandalika yang mengalami kekurangan air bersih. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Sebanyak sekitar 13.500 liter air bersih disalurkan PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporatin (ITDC) setiap seharinya bagi warga di empat dusun lingkar sirkuit Internasional Mandalika. Bantuan air bersih diharapkan bisa membantu mengurangi persoalan kekurangan air bersih di bagi warga di sekitar kawasan The Mandalika. Khususnya yang terdampak pembangunan sirkuit internasional Mandalika.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro, dalam keterangannya, Selasa, 7 September 2021, mengatakan, bantuan suplai air bersih tersebut lakukan atas masukan dan hasil koordinasi pihaknya dengan aparat desa setempat. Terutama di dusun-dusun yang selama ini kerap bermasalah dengan persoalan kekurangan air bersih. Seperti di Dusun Ebunut, Dusun Ujung Lauk, Dusun Ujung Daya, serta tempat relokasi sementara HPL 94 di Desa Kuta yang termasuk sebagai desa penyangga Kawasan The Mandalika.

Iklan

“Program ini sudah berjalan sejak Oktober 2020 lalu. Jadi setiap hari rata-rata kita mengirimkan satu hingga tiga rit atau sampai 13.500 liter air bersih di empat wilayah tersebut secara bertahap,” sebutnya.

Jika dikalkulasikan sejak awal hingga akhir Agustus 2021 lalu, tim operasional The Mandalika telah menyalurkan air bersih hingga 2.063.300 liter. Dan, dipastikan akan terus bertambah seiring dengan tetap berjalannya program penyaluran air bersih tersebut kepada masyarakat dengan sasaran sebanyak 128 kepala keluarga (KK) ditambah rumah ibadah milik warga setempat.

Pola penyalurannya, ada yang secara langsung diterima warga. Ada juga dengan cara disalurkkan melalui sumur maupun tempat penampungan air bersih yang sudah siapkan oleh warga. “Bantuan ini wujud komitmen kami untuk terus berbuat bagi warga sekitar. Harapan kami bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih harian,” ujar Bram.

Terpisah, Kepala Dusun Ebunut Rahmat Panye mengungkapkan bantuan air bersih yang disalurkan oleh pihak ITDC cukup membantu warga. Terutama saat musim kemarau seperti sekarang ini. Apalagi warga mulai kesulitan untuk bisa memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari, sehingga masyarakat sedikit tidak bisa lebih ringan bebanya dalam usaha memenuhi kebutuhan air bersih.  (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional