Sebotok Operasional, Dermaga di Pulau Medang Menyusul Dibangun

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Untuk membuka aksesibilitas wilayah pulau di kacamatan Labuan Badas, kini telah diperasionalkan dermaga Sebotok untuk akses barang dan jasa ke Pulau Moyo. Untuk ke Pulau Medang, Pemkab telah mengusulkan mmelalui DAK afirmasi pada 2019 mendatang.

Sebagaimana disampaikan Plt. Kepala Dinas Perhubungan Sumbawa, Ir. A. Yani, setelah sebelumnya turun melakukan cek fisik bersama BPKP NTB ke dermaga Sebotok. Didampingi BPKAD, kontraktor pelaksana dan lainnya. Dermaga Sebotok yang dibangun melalui DAK Afirmasi Perhubungan 2017, kini telah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Terutama untuk bongkat muat barang perahu masyarakat pulau di wilayah setempat. Dalam membuka aksesibilitas wilayah pulau, yang selama ini cukup sulit dijangkau.

Iklan

Tim Kerja BPKP kini tengah menggodok hasil cek fisik, baik dari sisi pengukuran maupun kualitas. Namun yang jelas, keberadaan dermaga sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Mobilisasi barang dan jasa kini semakin lancar. Sehingga ada perputaran ekonomi di wilayah setempat.

Hal ini diharapkan dapat membuka akses untuk pembangunan bidang lainnya di wilayah Pulau Moyo. Seperti pendidikan dan kesehatan, serta infrastrktur dasar lainnya. “Kapal perahu masyarakat kini bisa lalu lalang,”kata Yani.

Sementara untuk membuka aksesibilitas laut di wilayah Pulau Medang, pihaknya telah mengusulkan pembangunan dermaga serupa di Bajo Medang atau di Bugis Medang ke pemerinttah pusat. Melalui DAK Afirmasi Perhubungan pada 2019 mendatang. “Ini untuk kelancaran akses ke Pulau Medang,” jelasnya. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here