Sebelum WSBK, Kapolda Target 70 Persen Warga Lobar Sudah Divaksin

Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, Danrem 162 WB Brigjen TNI, Ahmad Rizal Ramdhani, Sekda NTB H. L. Gita Ariadi dan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid memimpin apel siaga kesiapan tim vaksinasi. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB)  – Lombok Barat (Lobar) mulai diserbu vaksinasi untuk mencapai target 70 persen masyarakat tervaksin pada pertengahan bulan depan. Serbuan vaksinasi itu ditandai dengan apel gelar kesiapan tim vaksinasi penanganan Covid-19 di Lapangan Bencingah Kantor Bupati, Kamis, 30 September 2021.

Untuk percepatan vaksinasi di Lobar, pemerintah pusat melalui Kemenkes mendroping ratusan ribu dosis vaksin. Selain itu, Pemda Lobar menambah 150 tenaga vaksinator

Iklan

Apel gelar pasukan itu dipimpin langsung Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, Komandan Korem (Danrem) 162 Wira Bhakti, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Sekda NTB Drs. H. L. Gita Ariadi dan Bupati Lobar H Fauzan Khalid.

Usai gelar pasukan itu, Kapolda NTB mengatakan dengan berbagai langkah strategis yang dilakukan Pemda Lobar, ia optimis Lobar akan menyelesaikan lebih cepat vaksinasi ini. “Serbuan vaksinasi di Lobar dimulai hari ini (kemarin, red),” kata Kapolda NTB ini.

Lebih lanjut dikatakan Kapolda, target Lobar per hari untuk masing-masing kecamatan minimal 4-5 ribu bahkan bisa sanggup 6 ribu. Kalau dihitung 10 kecamatan, maka lebih dari 50 ribu warga akan tervaksin sehari.  “Kita target sebelum World Superbike sudah tuntas vaksinasi minimal 70 persen,” jelas dia.

Stok vaksin pun sudah diminta ke pusat lebih kurang 170 ribu dosis tiba di NTB. Kemudian vaksin itu disebar ke daerah Lombok, seperti di Lobar, Lombok Timur (Lotim), Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Untuk mempermudah pelayanan di daerah terpencil, Pihaknya bersama Korem membentuk batalyon Pcare. Namun di Lobar struktur input data, administrasi sudah lebih siap, karena melihat yang terjadi di Loteng.

Danrem 162 Wira Bhakti Ahmad Rizal Ramdani mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemda untuk percepatan vaksinasi ini. Menurutnya, Lobar sebagai penyangga wilayah dalam mendukung WSBK dan MotoGP sebelumnya sudah melaksanakan pelatihan-pelatihan antara seluruh stakeholder bersama tim vaksinator pemerintah daerah, ASN, TNI dan Polri.

Sekda NTB H. Lalu Gita Ariadi menambahkan, Pemprov NTB akan memastikan ketersediaan vaksin untuk percepatan vaksinasi di Lobar. Termasuk berkoordinasi dengan Polda dan Korem. Untuk pelaksanaan vaksinasi di kabupaten/kota di Lombok, sebanyak 300 ribu dosis.

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan pihaknya menargetkan 2-3 orang per puskesmas per hari. Dengan jumlah puskesmas 20 puskesmas, maka warga yang bisa dilayani vaksinasi 40-60 ribu per hari. “Per hari kita layani 40-60 ribu per hari, itu target kami,” jelas dia.

Namun demikian hal ini juga tergantung dari ketersediaan vaksin. Pihaknya juga sudah menambah tenaga vaksinator sebanyak 150 orang di luar TNI/Polri. Kalau ditambah TNI Polri, bisa mencapai 170 orang.

Strategi yang dilakukan untuk mempercepat vaksinasi, pihaknya melakukan jemput bola khusus di daerah terpencil. Kecuali di daerah padat penduduk, pihaknya melakukan mobilisasi melibatkan desa dan kecamatan, sehingga data warga yang dimobilisasi untuk vaksin sudah tersedia data lengkapnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional