Sebelas Kasus, Empat Kecamatan Zona Hijau

Infografik Covid-19 KSB, tanggal 14 Januari 2021.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Pekan ini Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali menunjukkan penurunan kasus positif Covid-19. Data per 14 Januari 2021, jumlah warga yang teridentifikasi terpapar virus penyakit global itu tersisa 11 orang.

Keberadaan kasus warga positif itu tersebar di 4 kecamatan. Diantaranya kecamatan Taliwang 5 kasus, Seteluk 3 kasus, Poto Tano 2 kasus dan terakhir di kecamatan Maluk 1 kasus. Sementara 4 kecamatan lainnya kembali dinyatakan zona hijau. “Alhamdulillah Brang Rea, Brang Ene, Jereweh dan Sekongkang sudah (zona) hijau lagi,” terang juru bicara Satgas Covid-19 KSB, H. Tuwuh, Jumat, 15 Januari 2021.

Iklan

Meski terjadi kesembuhan kasus yang cukup signifikan, H. Tuwuh menyatakan, masyarakat harus tetap waspada. Sebab kasus baru masih terus terjadi. Buktinya pada pengumuman 14 Januari kembali muncul 4 kasus baru. “Semalam itu kan ada 2 yang sembuh tapi ada konfirmasi lagi 4 orang,” sebutnya.

Menurut dia, kewaspadaan masyarakat dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 menjadi satu-satunya cara ampuh menghalau laju penuran penyakit itu. Tidak saja disiplin dalam melakukan perlindungan diri dengan menggunakan alat-alat pencegah. Tetapi lebih dari itu, H. Tuwuh berharap, untuk sementara waktu masyarakat menahan diri bepergian ke daerah-daerah terjangkit.

“Harapan kami kepada masyarakat mohon untuk tidak banyak bepergian ke luar daerah. Sebab catatan kami menunjukkan kasus yang paling banyak di KSB berasal dari pelaku perjalanan awalnya,” timpal kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KSB ini. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional