Sebanyak 72 Pelajar di Lotim Reaktif Covid-19

Puluhan pelajar dan mahasiswa Lotim menjalani rapid test gratis di posko utama penanganan Covid-19 Lotim di Pendopo Bupati Lotim, Rabu, 23 September 2020. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Sebanyak 72 pelajar dan mahasiswa di Lombok Timur (Lotim) reaktif Covid-19. Adanya pelajar dan mahasiswa yang reaktif ini setelah mereka mengikuti rapid test di Pendopo Bupati Lotim beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim, dr. H. M. Hasbi Santosa,M.Kes., menyebutkan total pelajar dan mahasiswa yang mengajukan tes cepat per tanggal 22 September 2020 sebanyak 2.074 orang. Dari jumlah ini tercatat 72 orang di antaranya reaktif dan 2.002 non reaktif. ‘’Untuk yang dinyatakan reaktif ini selanjutnya melakukan isolasi mandiri dan mengikuti swab,’’ tegasnya, Rabu, 23 September 2020.

Iklan

Tes cepat terhadap pelajar dan mahasiswa ini dilakukan untuk menfasilitasi mereka terutama yang akan melanjutkan pendidikan di luar daerah. Yang mana hasil tes cepat ini menjadi syarat utama untuk dapat kembali ke lingkungan pendidikannya.

 “Program rapid test ini akan terus kita lakukan apabila itu disyaratkan. Kita dari gugus tugas memberikannya secara gratis,” kata Hasbi.

Selama pelaksanaan tes cepat ini, katanya, pelajar dan mahasiswa yang bersekolah di luar daerah ini rata-rata dengan tujuan Bandung, Malang, Surabaya, Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya. Selain untuk melanjutkan pendidikan dan perkuliahan yang sebelumnya dihentikan sementara lantaran terjadi Covid-19.

“Kita dari pemerintah daerah menyiapkan tes cepat gratis Covid-19 bagi pelajar dan mahasiswa yang belajar di luar Pulau Lombok. Karena hasil tes cepat inilah yang menjadi syarat mereka kembali ke daerah itu,” terangnya.

Adapun untuk mengikuti tes cepat ini, mahasiswa hanya membawa kartu mahasiswa, pelajar dan surat keterangan masuk kuliah dari perguruan tinggi masing-masing. (yon)