Sebagian Besar Pelamar CPNS Diprediksi Tak Memenuhi Standar

Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati mengatakan, peluang formasi calon pegawai negeri sipil pasti ada. Terutama formasi yang pelamarnya sedikit. Penentuan lulus atau tidaknya pelamar dilihat dari passing grade.

“Kalau itu pasti ada,” kata Nelly ditemui Senin, 5 November 2018. Perkembangan hasil tes CPNS di kabupaten/kota maupun provinsi hanya sebagian kecil yang memenuhi standar dari ribuan pelamar. Tidak menutup kemungkinan kata Nelly, ini juga akan terjadi di Kota Mataram.

Iklan

Meski demikian, dia tetap optimis dengan kompetensi pelamar di atas rata – rata.  Di samping itu, pihaknya aktif memberikan penjelasan maupun pendampingan – pendampingan kepada pelamar. “Kebanyakan pelamar kota anak – anak milenial. Kalau lihat dari nilainya sih bagus- bagus,” jawabnya.

Kalaupun nantinya sebagian pelamar tak memenuhi passing grade tak bisa dipaksakan. Standar nilai telah baku sesuai kebijakan dari pemerintah pusat.

Tidak terpenuhinya nilai akan dilaporkan ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Persoalan ini kemungkinan dijadikan bahan pertimbangan bagi Panselnas untuk mengeluarkan kebijakan.

Bisa saja nanti, pelamar yang memperoleh nilai bagus pada formasi tertentu. Tetapi hanya dibutuhkan satu pelamar digeser ke sekolah atau instansi lain. Sepanjang nilainya memenuhi persyaratan.

“Misalnya satu formasi ada dua yang bagus dan memenuhi passing grade. Sedangkan, di tempat lain dengan formasi sama tidak ada yang lulus. Bisa saja digeser ke sana,” jawabnya.

Terkait peluang formasi yang tak terisi belum berani dipastikan Nelly. Kembali disampaikan, peluang itu pasti ada jika mengacu dari hasil tes kabupaten/kota lainnya. Nelly mengurai, persiapan tes yang dimulai Rabu (7/11) siang tak ada masalah. Timnya terus memperbaharui dan memaksimalkan persiapan agar tak terjadi eror saat pelaksanaan tes. (cem)