SD di Mataram Kekurangan 5.000 Unit Kursi

Lalu Fatwir Uzali. (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Kekurangan kursi dan meja di SD dan SMP di Mataram mencapai 2.000 sampai 5.000 unit. Kekurangan itu disebabkan kursi dan meja yang mulai rusak karena pemakaian.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, H. Lalu Fatwir Uzali, ditemui pekan kemarin mengatakan, dibutuhkan sekitar 2.000 sampai dengan 5.000 kursi untuk SD dan SMP di Mataram. Ia mengatakan, di sekolah-sekolah banyak kursi dan meja yang sudah rusak, mulai dari lapuk, patah, reyot, dan kondisi tidak layak pakai lainnya. “Butuh sekitar 2.000 sampai 5.000 kursi dan meja untuk SD dan SMP,” ujarnya.

Iklan

Di tahun 2021, pihaknya akan mengupayakan pengadaan kursi dan meja tersebut. Fatwir mengatakan, pihaknya akan melakukan pengadaan dari dana APBD Kota Mataram. Di samping itu, akan dilakukan perbaikan sarana yang ada di sekolah.

Ditemui terpisah, Kepala SMPN 5 Mataram, Muhamad Ali mengatakan, kursi dan meja di SMPN 5 Mataram sudah banyak yang rusak dan menumpuk di sudut sekolah. Ia mengapresiasi rencana pemerintah Kota Mataram yang akan melakukan pengadaan untuk penambahan kursi dan meja di satuan pendidikan.

Ali menekankan, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pengadaan meja dan kursi untuk sarana belajar yaitu kualitas bahannya. Menurutnya, banyak kursi dan meja yang kualitas bahannya kurang baik sehingga mudah rusak. “Baru satu tahun, sudah rusak, sepertinya kualitasnya yang kurang bagus. Itu yang perlu diperhatikan saat pengadaan kursi dan meja nantinya,” saran Ali.

Di samping itu, Fatwir juga menyampaikan, pihaknya juga akan meningkatkan sumberdaya manusia sekolah di tahun 2021 ini. Menurutnya peningkatan sumberdaya manusia itu sangat penting untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah.

“Kemudian komunikasi antara sekolah dan masyarakat agar masyarakat jangan hanya melepas anaknya di sekolah saja. Selain itu bagaimana mensejahterakan guru hnorer, juga mencarikan solusi agar sekolah terus berinovasi,” pungkas Fatwir. (ron)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional