Sayur dan Ikan di KSB Masih Dipasok dari Luar Daerah

Asparagus Fish Raw White Asparagus Sea Bream

Taliwang (Suara NTB) – Ketergantungan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terhadap suplai sayur dan ikan dari luar daerah hingga kini masih sangat tinggi. Setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan bahan lauk pauk itu, sekitar 75 persennya masih didatangkan dari luar daerah.

Selama ini untuk kebutuhan bahan sayuran masyarakat KSB kebanyakan didatangkan dari pulau Lombok. Berbagai jenis sayuran dan bahan bumbu setiap hari didatangkan para pedagang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sementara tanaman sayur lokal hanya menjadi pelengkap karena tidak bisa setiap hari berproduksi.

Iklan

Demikian halnya dengan kebutuhan ikan, sejumlah desa pesisir KSB yang diharap menjadi sentra produksi belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat setiap hari. Akhirnya untuk menutupi kebutuhan, ikan didatangkan dari sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa.

“Kondisi kita sampai hari ini masih seperti itu untuk memenuhi kebutuhan sayur dan ikan,” jelas Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Perindagkop) KSB, Ir. Amin Sudiono, M.Si.

Ia mengatakan, produksi sayur lokal KSB masih jauh untuk mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Tidak saja dari faktor jumlah, jenis sayuran yang diproduksi lokal pun masih sangat terbatas. “Selain jumlah, jenisnya juga sedikit. Hal ini kemudian yang membuat pasokan dari luar sangat dibutuhkan,” cetusnya.

Potensi lahan pertanian untuk kebutuhan produksi sayur mayur sangat banyak. Pemerintah sendiri telah menyadari hal tersebut dengan membuat program tanaman hortikultura. Hanya saja kata Amin, upaya pemeirntah itu masih akan mendapatkan tantangan berat, mengingat para petani di KSB selama ini tidak memiliki kemampuan yang baik dalam bercocok tanaman sayuran.

“Perlu waktu. Karena habit (kebiasaan) petani kita adalah petani padi. Sementara petani sayur itu kerjaannya perlu waktu ekstra tidak seperti padi,” timpalnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here