Satu Orang Klaster Gowa KSB Langsung Jalani Swab

Fud Syaifuddin (Suara NTB/dok)

Taliwang (Suara NTB) – Satu dari 5 warga teridentifikasi klaster Gowa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang telah menjalani tes cepat (rapid test) dinyatakan reaktif. Terhadap bersangkutan, gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten langsung melakukan pemeriksaan swab atau pengambilan sampel lendir.

Informasi yang diperoleh Suara NTB, satu kluster Gowa reaktif tes cepat ini berinisial Tn. YB warga kelurahan Arab Kenangan, Taliwang. YB telah menjalani prosedur swab (pengambilan sampel lendir) di Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa. Ia dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 Provinsi NTB itu, malam hari, pasca menjalani tes cepat di RSUD Asy Syifa pada hari Selasa.

Iklan

Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST yang dikonfirmasi, Rabu, 15 April 2020 kemarin, membenarkan hasil tes cepat dan tindakan swab terhadap YB itu. Ia menjelaskan, YB telah menjalani pengambilan sampel lendir pada, Rabu waktu subuh, di RSMA Sumbawa dan saat ini telah dibawa kembali ke RSUD Asy Syifa.

“Semalam dibawa ke Sumbawa dan langsung di swab. Setelah itu ia (YB) dikembalikan lagi ke sini sambil menggu hasil tes PCR-nya keluar,” terang Wabup.

Sambil menunggu hasil PCR-nya (polymerase chain reaction), Wabup mengatakan, terhadap YB gugus tugas penangan Covid-19 kabupaten telah memutuskan memberlakukan karantina ketat. YB rencananya akan di karantina di Rusunawa Belisung bersama istri dan anaknya. “Saya sudah perintahkan gugus tugas segera membawa YB ke Rusunawa untuk dikarantina sampai hasil tesnya dipastikan positif atau negatif terpapar virus corona,” tegasnya.

Pasca pulang dari Gowa Sulawesi Selatan mengikuti acara ijtima dunia zona Asia, YB diketahui sudah sekitar 24 hari berada di Taliwang. Hal ini dibenarkan lurah Arab Kenangan, Erny Patriani. Menurut dia, sekembalinya dari Gowa, YB tetap menjalani aktivitas normal meski pihak kelurahan telah mengarahkannya untuk menjalankan isolasi mandiri. Dan sementara waktu membatasi diri berada di luar rumah “Tapi tidak dipatuhi,” ungkap Erni.

Kini dengan status YB yang tengah menunggu hasil PCR, Erni menambahkan, pihaknya telah menginformasikan ke warga keluarahan Arab Kenangan untuk semakin waspada terhadap penyebaran virus corona. Termasuk menyiapkan kemungkinan melakukan penelusuran kontak YB selama ini.

“Kami di gugus tugas kelurahan sudah siap-siap menindaklanjuti hasil tes YB nantinya. Terutama melakukan tracing contact YB sekembalinya dari Gowa,” imbuhnya.(bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here