Satu Kapal Pesiar Batal Singgah di Pelabuhan Gili Mas

Kapal pesiar Vasco da Gama yang singgah di Gili Mas beberapa waktu lalu. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Beberapa kapal pesiar direncanakan singgah di Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat. Dari tiga kapal yang dijadwalkan singgah, dua kapal pesiar sementara ini dipastikan akan singgah di antaranya kapal pesiar Albatros, Senin, 9 Maret 2020, selanjutnya pada hari Selasa dijadwalkan kapal pesiar Columbus yang singgah. Sementara satu kapal pesiar yakni Viking Sun yang awalnya dijadwalkan singgah di Lombok, batal singgah.

Demikian disampaikan General Manager Pelindo III Lembar melalui Humas  Yoga Cahyono, Minggu, 8 Maret 2020.

Iklan

Menurutnya, Kapal Pesiar Albratos awalnya akan singgah di Senggigi, tapi karena dari segi pengawasan kurang maksimal, kapal pesiar ini akhirnya akan singgah di Gili Mas. Setelah itu, Kapal Pesiar Columbus bermuatan 1.000 lebih wisatawan akan singgah. Kepastian singgah dua kapal di Gili Mas sementara ini belum ada perubahan. Artinya belum ada pemberitahuan kapal ini dibatalkan.

“Tapi yang sudah pasti batal singgah itu Kapal Pesiar Viking Sun jadwalnya ke mau Gili Mas Rabu. Tapi akibat isu Corona tidak jadi. Pembatalan ini kemungkinan sebagai langkah antisipasi Corona,’’ ujarnya.

Awalnya kapal ini singgah di Semarang. Namun sempat heboh, karena Corona, sehingga pihak agen membatalkan singgah ke Lombok. Selain Kapal Pesiar Viking Sun yang sudah dipastikan batal singgah di Lombok, sejauh ini belum ada kabar dari agen kapal pesiar lain yang membatalkan kedatangannya.

Menurutnya kedatangan kapal pesiar diharapkan tidak terpengaruh adanya pro-kontra atau melarang kapal pesiar ke Lombok.  Dengan tambahan kedatangan kapal pesiar ini,maka tercatat sejak bulan Januari ada 8 kapal yang singgah di Pelabuhan Gili Mas.  “Dari Januari sampai  ada enam kapal pesiar. Ditambah dua kapal yang rencananya singgah menjadi delapan kapal,”jelasnya.

Ia menambahkan rata-rata jumlah  penumpang wisatawan yang dibawa 1.000 lebih satu kapal. Sebab ada dari kapal jumlah penumpangnya mencapai 1.200 orang. Sehingga total jumlah wisatawan dari kapal pesiar saja awal tahun ini ada 8 ribu orang lebih sampai Maret. Ke depan terkait kedatangan kapal pesiar tentu akan dilihat perkembangan masalah Corona.

 Tahun ini, lanjut dia, ada 20 kapal pesiar rencananya akan singgah di Gili Mas. Apakah kedatangan kapal pesiar ini akan dibatalkan akibat Corona, sejauh ini belum ada pemberitahuan. “Tapi Pelindo tetap siap dari sisi pelayanan, tentu koordinasi dengan semua instansi terkait,”imbuh dia. (her)