Satu Jemaah Haji Asal Lotim Meninggal

Selong (Suara NTB) – Satu jemaah haji asal Lombok Timur (Lotim) atas nama Amaq Nurahmad bin Amaq Dijah alias H. Nasrullah usia 73 tahun, Kamis, 22 September 2016 dikabarkan meninggal di Arab Saudi. Kepergian H. Nasrullah, lantaran sakit karena faktor usia yang sudah senja.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Urusan Haji pada Kementerian Agama (Kemenag) Lotim melalui stafnya, H. Sirojudin, Kamis, 22 September 2016.

Iklan

Menurutnya, jemaah haji asal Batu Mure Montong Baan Kecamatan Terara berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji melalui KBIH Anjani dan masuk dalam kloter 10. Bahkan, kondisi saat diberangkatkan dari Lotim juga terlihat lemas, namun masih bisa diberangkatkan sebagaimana  persyaratan yang sudah ditetapkan. Sementara untuk kepulangan jemaah diawali pada tanggal 2 Oktober. “Baru yang meninggal jemaah kita, untuk pemakaman sendiri dilangsungkan di sana, (Arab Saudi, red). Namun kita koordinasi dengan pihak keluarga korban,” jelasnya.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Sirojudin menyebut jika jumlah JCH maupun jemaah haji yang meninggal pada saat itu sebanyak 5 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Sakra, Masbagik, Aikmel dan Wanasaba.

Disebutkannya, umlah total keseluruhan jemaah haji Lotim sebanyak, 830 orang  yang diberangkatkan pada tanggal 26 Agustus 2016 lalu. Pemberangkatan ketika itu terbagi dalam 4 kloter, yakni kloter 4, kloter 7, kloter 8 dan kloter 10 dengan 2 kloter utuh dan 2 kloter campuran.

Adapun, katanya, kloter jemaah haji Lotim yang pertama kali berangkat nantinya kloter 4 dengan jumlah JCH sebanyak 355 orang ditambah petugas sebanyak 5 orang, baik dari unsur medis maupun pendamping tersebut. “Jemaah kita di Lotim terbagi jadi 4 kloter dengan, dua kloter utuh dan 2 kloter campuran,” sebutnya. (yon)