Satpol PP Ingatkan PKL di Depan Asrama Haji Tetap Tertib

Mataram (suarantb.com) – Satpol PP Kota Mataram mengingatkan kepada para PKL yang berjualan di depan Asrama Haji NTB tetap mengedepankan ketertiban. Saat musim haji seperti sekarang ini, puluhan PKL membuka lapak dadakan di sekitar Asrama Haji NTB karena banyaknya pengantar jamaah calon haji (JCH) yang datang dari berbagai kabupaten.

Demikian disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Opdal Satpol PP Kota Mataram, Bambang EYD kepada, Rabu, 24 Agustus 2016. PKL yang berjualan di depan Asrama Haji juga memanfaatkan median jalan sehingga terkesan semrawut. Namun Bambang mengatakan untuk pengawasan PKL di wilayah tersebut diserahkan kepada lurah setempat.

Iklan

“Yang jelas kami dari Pol PP mengimbau untuk tertib dan menjaga kebersihannya. Supaya jangan sampai mengganggu jamaah haji, itu yang terpenting. Semua kita serahkan ke kelurahan,” ujarnya. Pengawasan PKL disampaikan Bambang dilakukan langsung kelurahan bersama karang tarunanya dan juga pihak kecamatan. Selain itu menurutnya yang bertugas melakukan pengawasan adalah Satpol PP Provinsi NTB. “Walaupun di wilayah kota tapi gawe-nya provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Jempong Baru, H. Taswir menyampaikan ramainya pengantar JCH di musim haji ini menjadi berkah bagi warga sekitarnya. Warga sekitar Asrama Haji NTB direkrut menjadi petugas kebersihan dan parkir.

Taswir menyampaikan menyampaikan setiap tahun memasuki musim haji, pihaknya membentuk panitia yang akan bertugas dalam penanganan kebersihan dan parkir di sekitar Asrama Haji NTB. Pihaknya memberikan kesempatan secara bergiliran tiap tahun bagi lima lingkungan sekitarnya menjadi panitia.

“Sekarang panitianya Lingkungan Mapak Belatung. Tapi tetap juga melibatkan lingkungan-lingkungan lain yang ada di dekat asrama. Di sekitar Asrama Haji NTB kan ada lima lingkungan,” jelasnya.
Untuk penanganan parkir dan kebersihan, dilibatkan 20 warga. Mereka bertugas secara bergantian mengatur parkir kendaraan para pengantar jamaah calon haji sehingga tidak semrawut dan arus lalu lintas di sekitarnya tetap lancar. (rdi/ynt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here