Satpol PP Amankan Pelajar Bolos di Kawasan Samota

Beberapa pelajar yang diduga tengah bolos, menjalani proses pendataan dan pembinaan oleh Pol PP.

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sejumlah pelajar bolos sekolah diamankan Sapol PP Sumbawa, Selasa, 4 Februari 2020. Mereka tengah berada di kawasan Samota, Kelurahan Brang Biji, Sumbawa, saat jam pelajaran berlangsung.

Kasat Pol PP Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Operasi dan Pengendalian (Opdal), Mukhtamarwan, S.Pt membenarkan hal tersebut. Berawal dari informasi masyarakat yang melaporkan adanya pelajar bolos sekolah di wilayah setempat.

Iklan

Pihaknya kemudian menurunkan tim dan ditemukan sejumlah pelajar sedang nongkrong. Beberapa diantaranya kabur saat petugas tiba, dan tiga lainnya berhasil diamankan. “Tadi sekitar jam 09.21 Wita bahwa ada anak sekolah yang bolos di Kawasan Samota. Setelah itu langsung kami turunkan tim ke sana dan berhasil mengamankan tiga pelajar,” ujarnya.

Dijelaskannya, sejumlah pelajar ini mengaku terlambat masuk sekolah. Sehingga langsung menuju lokasi setempat untuk jalan-jalan dan nongkrong. Terhadap mereka dilakukan pembinaan dan diserahkan ke pihak sekolah. “Kita amankan selanjutnya kita lakukan pembinaan. Kita sudah hubungi pihak sekolah,” ungkapnya.

Operasi ini, lanjutnya, merupakan operasi rutin yang dilaksanakan. Selain operasi terhadap pelajar bolos, pihaknya juga melakukan operasi di malam hari. Bahkan pihaknya mengaku juga mengamankan beberapa anak punk  pada Senin, 3 Februari 2020 malam.

“Tadi malam kita patroli juga. Kita amankan tiga orang. Menurut informasi mereka dari Pulau Sumbawa bagian timur. Kami sudah lakukan pembinaan. Karena laporan masyarakat mereka mengganggu ketertiban. Mereka melanggar Perda Nomor 16 tahun 2018 tentang ketertiban umum,” pungkasnya. (ind)