Sarana UNBK Belum Siap, Tidak Semua Ikut Simulasi UNBK di KLU

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB, H. Surya Bahari (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB menargetkan seluruh SMA di NTB melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Khusus pelaksanaan UNBK di Kabupaten Lombok Utaram (KLU) menggunakan sistem terpusat. Selama persiapan UNBK sebagian SMA di KLU terpaksa tidak bisa mengikuti simulasi, karena sarana yang belum tersedia.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB, Drs. H. Surya Bahari ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 1 Februari 2019 mengatakan, UNBK tetap 100 persen dilaksanakan di semua sekolah termasuk di KLU. Disinggung terkait persiapan UNBK di sekolah seperti melaksanakan simulasi, Surya mengakui sebagian sekolah di KLU tidak ikut simulasi. “Tidak semua ikut simulasi di KLU, ada sebagian yang ikut,” katanya.

Iklan

Namun menurutnya, simulasi dilaksanakan sebanyak dua kali dan satu kali gladi bersih UNBK, Surya meyakini saat gladi bersih nanti semua siswa SMA di KLU bisa mengikutinya. Dengan tidak mengikuti simulasi itu, ia meyakini tidak terlalu mengganggu persiapan sekolah.  “Nah pada saat gladi bersih UNBK barulah harus semua sekolah ikut. Tidak terlalu mengganggu kalau tidak ikut simulasi,” ujar Surya.

Ia meyakini pelaksanaan UNBK dapat dilaksanakan 100 persen. Ia menyampaikan pelaksanaan UNBK di tahun 2019 akan tetap terlaksana di semua sekolah dengan menggunakan mekanisme berbagi sumber daya. “Insya Allah bisa melaksanakan UNBK di semua SMA negeri dan swasta,” ujarnya.

Nantinya pelaksanaan UNBK di KLU akan dilakukan di lokasi terpusat, para siswa akan datang ke lokasi yang ditentukan untuk mengikuti UNBK. Seperti diketahui, KLU merupakan salah satu kabupaten yang mengalami dampak terparah pascagempa bumi di Pulau Lombok dan sekitarnya pada bulan Juli dan Agustus 2018 lalu. Banyak bangunan sekolah yang mengalami kerusakan, termasuk sarana penunjang UNBK.

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), jadwal UN SMA/MA dilaksanakan pada tanggal 1, 2, 4, dan 8 April 2019. Dengan mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan yang diujikan. UN Program Paket C/Ulya pada tanggal 12-16 April 2019. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here