Santri Pondok Pesantren Diingatkan Pertahankan Akhlak

Santri Ponpes Manhalul Ma'arif sedang memainkan Hadrah mengisi acara Harlah ke 32, Selasa (Suara NTB/dys)

Praya (Suara NTB) – Pondok Pesantren Manhalul Ma’arif, Desa Darek, Lombok Tengah menggelar hari lahir (Harlah) ke 32, Selasa, 26 Januari 2021. Peringatan Harlah diikuti ratusan santri dan walisantri dari berbagai asal. Hadir pula pada kesempatan itu, TGH. Marif Makmun, Kakan Kemenag Loteng, H. Zamroni Aziz, dan TGH. Lalu Ahmad Zainuri.

TGH. Lalu Ahmad Zainuri, yang didaulat mengisi acara harlah dalam ceramahnya mengingatkan agar seluruh santri dan santriwati beserta walisantri untuk tetap mempertahankan nilai moral akhlak yang diajarkan di lingkungan pondok pesantren. Akhlak moral merupakan ilmu tertinggi yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Iklan

Dijelaskannya, di usia ponpes yang menginjak 32 tahun, tentu saja ada banyak yang hal yang harus dipertahankan sebagai warisan yang harus dipelihara. Kebaikan moral yang diajarkan harus jadi landasan bagi santri.  “Perjalanan panjang ponpes agar tetap dijaga dan disyukuri,” pesannya.

Selain itu, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini juga menambahkan agar setiap santri mampu mengambil pelajaran dari perjalanan eksistensi ponpes. Usia 32 tahun bukanlah waktu yang singkat. Waktu saat ini, kata dia, begitu cepat berlalu. Jangan sampai menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan.

Tidak hanya itu, tambahnya, ponpes telah melakukan pembinaan moral terhadap santri dan masyarakat. Inilah yang harus terus menerus dipertahankan generasi berikutnya.  Oleh sebab itu seluruh keluarga besar ponpes harus  mampu mengambil hikmah dari perjalanan panjang Ponpes Manhalul Ma’arif sebagai warisan yang harus dijaga.

Pada kesempatan itu pula, santri dan walisantri diingatkan agar senantiasa melakukan dan menerapkan nilai moral kebaikan walau hanya sedikit. Namun demikian harus dilakukan secara konsisten.  “Tentu saja sudah banyak yang dilakukan ponpes untuk melakukan pembinaan.  Ingatkan agar masyarakat untuk melakukan amalan, tidak masalah amalan yang kecil-kecil asal konsisten tapi banyak pahala,” ungkapnya. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional