Sanjung Pemkab Lotim

Erwin A Sasongko (Suara NTB/rus)

JASINDO mengapresiasi cara Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang menggratiskan pembayaran premi Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). Jasindo menyanjung upaya yang dilakukan Pemkab Lotim. Cara Pemkab Lotim membantu peternak ini dinilai sangat positif. Terlebih dimasa pandemi corona. Peternak akan sangat terbantu dalam mengembangkan usaha ternaknya.

Hal ini dikemukakan Branch Manajer Jasindo Erwin A Sasongko saat ditemui Suara NTB di Selong, Kamis, 8 April 2021.

Iklan

Diakuinya, Lotim satu-satunya kabupaten yang berani menanggung premi dengan jumlah ternak yang cukup besar. Menurutnya, perhatian kepada sektor pertanian ini sudah sangat tepat. Di mana selama masa pandemi, sektor perrtanian ini yang mampu bertahan dan masih bisa bejalan roda perekonomiannya dengan bagus.

Sektor pertanian dibandingkan sektor lain pertumbuhannya lumayan bagus. Sektor primer ini disebut paling baik pertumbuhannya. Adanya bantuan dari pemda peternak akan menambah semangat dalam melakukan pemeliharaan.

Disampaikan, Lotim menanggung premi AUTS untuk penggemukan. Lotim memiliki Program Lotim berkembang. Program yang dimulai akhir tahun 2020 lalu sampai saat ini sudah teralisasi pembayaran premininya sebanyak 507 ekor. Nilai pertanggungannya Rp 15 juta per ekor.

 Selain itu, pada tahun 2021 ditarget sebanyak 15 ribu ekor sapi betina yang juga turut dibantu pembayaran preminya oleh Pemkab Lotim. Program AUTS betina ini merupakan program pusat. Premi AUTS Rp 200 ribu per ekor per tahun. Pusat menanggug 80 persen atau Rp 160 ribu sedangkan 20 persen atau Rp 40 ribu sebenarnya menjadi tanggungan peternak secara swadaya. Namun Lotim mengambil beban pembayaran premi dari peternak tersebut, sehingga seluruh peternak gratis bayar premi.

Dari target 15 ribu ekor, saat ini sudah diperoleh 1.681 ekor.  “Kita menunggu surat keterangan sehat sapi,” sebutnya. Sapi betina sejak 2019 programnya. Targetnya 10 Ribu ekor. Tapi tahun 2020 karena pandemi jumlahnya berkurang. (rus)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional