Sambut WSBK, UMKM di Mataram Harus Persiapkan Diri

H. Mohan Roliskana. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana meminta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Mataram segera mempersiapkan diri menyambut penyelenggaraan world superbike  (WSBK) Mandalika pada 19 – 21 November mendatang. Cindera mata bernuansa kejuaraan dunia balap motor bisa menjadi daya tarik wisatawan. “Kita mendorong pelaku UMKM menyesuaikan dengan kebutuhan pengunjung,” kata Mohan.

Dia mensyukuri bahwa Mandalika menjadi lokasi super prioritas penyelenggaraan event bergengsi tersebut. Bagi Kota Mataram pasti memiliki dampak secara ekonomi, karena kesiapan akomodasi memadai dengan hotel berbintang dan berstandar. Kemudian, fasilitas pendukung lainnya seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram telah menjadi rumah sakit help tourism. Hal lainnya terutama bagi pelaku usaha kecil menengah. “Saya kira dampak secara ekonomi pasti ada bagi Kota Mataram,” tambahnya.

Iklan

Untuk menyambut pagelaran multi internasional itu, pihaknya sudah meminta Dinas Pariwisata mempersiapkan acara Mandalika Fair. Mandalika Fair sebut Mohan, mencoba mendorong UMKM menyesuaikan kebutuhan pengunjung atau wisatawan seperti aksesoris WSBK.

Kedatangan para wisatawan dari dalam maupun luar negeri diharapkan bisa berbelanja. Selain itu, menikmati kekayaan kuliner di ibukota provinsi NTB tersebut.

Mandalika Fair akan dikerjasamakan dengan stakeholder seperti hotel, pelaku UMKM dan lain sebagainya. “Tentu tidak hanya di Mataram saja, tetapi juga di daerah lain,” tandasnya.

Meskipun World Superbike hanya berlangsung selama tiga hari, paling tidak dampak ekonomi bisa dirasakan, terutama hunian hotel meningkat. Karena itu, kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dengan mempersiapkan berbagai keunikan maupun ciri khas produk lokal, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional