Sambut WSBK 2021, Imigrasi Mataram Tingkatkan Fasilitas Konter Pemeriksaan Keimigrasian BIZAM

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram memasang peralatan pendukung proses pemeriksaan keimigrasian di area keberangkatan dan kedatangan BIZAM, Praya, Lombok Tengah.(Suara NTB/Imigrasi Mataram)

Mataram (Suara NTB) – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram memperbarui tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Praya, Lombok Tengah. Persiapan ini untuk menyambut gelaran World Superbike 2021 Sirkuit Mandalika. Kejuaraan dunia balap motor ini diberi kuota penonton sampai 30 ribu orang. Termasuk warga negara asing.

“Sudah kita siapkan tiga konter pemeriksaan keimigrasian yang didukung dengan enam unit komputer untuk proses pemeriksaan,” jelas Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Putu Agus Eka Putra Kamis, 14 Oktober 2021.

Iklan

Sistem dan jaringan komputer konter pemeriksaan keimigrasian itu sudah diperbarui sejak Minggu. Putu menyebut peningkatan sarana pemeriksaan ini untuk menyambut event Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan WSBK pada 12-14 November dan 19-21 November.

“Karena di Bandara BIZAM ini ada terminal baru sehingga peralatan kami juga dipindahkan. Konter pemeriksaan ini ditempatkan di area kedatangan maupun keberangkatan internasional,” urainya.

Sistem dan jaringan komputer tersebut sudah berhasil terpasang dengan bantuan tim dari Angkasa Pura I pengelola BIZAM. Operasionalnya pun berjalan dengan baik. Kendala teknis diantisipasi sejak dini.

“Kami memantapkan persiapan fasilitas dan peralatan yang dimiliki jika nanti akan digunakan sebagai pintu masuk ke wilayah Indonesia bagi kru, peserta maupun penonton,” terang Putu.

Selain TPI BIZAM, Imigrasi Mataram juga menyiapkan TPI Pelabuhan Lembar untuk memeriksa dokumen keimigrasian warga negara asing yang akan meramaikan WSBK di Sirkuit Mandalika.

Meski demikian Lombok belum ditetapkan sebagai tempat masuk orang asing merujuk Keputusan Menkumham RI tertanggal 17 September lalu. Yang sudah ditetapkan sebagai tempat masuk yakni Kualanamu, Medan; Hang Nadim, Batam; Soekarno-Hatta, Tangerang; Juanda, Surabaya; Sam Ratulangi, Manado; dan I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Orang asing pemegang bisa atau izin tinggal yang sah sudah diizinkan masuk wilayah Indonesia. Berdasarkan Permenkumham 34/2021 tentang pemberian visa dan izin tinggal keimigrasian dalam masa penanganan penyebaran Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Visa atau izin tinggal tersebut antara lain visa dinas, visa diplomatik, visa kunjungan, visa tinggal terbatas, izin tinggal dinas, izin tinggal terbatas, izin tinggal diplomatik, izin tinggal terbatas, dan izin tinggal tetap. Pemohon di luar wilayah Indonesia pun sudah bisa mengajukan visa. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional