Sambut Tahun Baru, Warga Gili Bersihkan Pantai dari Sampah

Warga Gili Air dan wisatawan membersihkan sampah untuk menyambut tahun 2021. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Menyambut tahun baru 2021 di tengah pandemi Covid-19, warga Gili memanfaatkan momen dengan melaksanakan bakti sosial. Puluhan warga di Dusun Gili Air, Kamis, 31 Desember 2020, mengisi akhir tahun dengan membersihkan sampah di objek wisata melalui kegiatan Gili Air Eco Fair.

Anggota Panitia acara, Andre, kepada Suara NTB mengatakan, kegiatan selama 1 hari itu dipusatkan di Villa Karang Royal Singo Singosari Resort & Biba Beach Cottage, Gili Air, Desa Gili Indah, kecamatan Pemenang. Kegiatan tersebut didukung oleh Dinas Pariwisata Lombok Utara, Enjoy Life Fondation, Trash Hero, UKM Eco Product, Royal Singosari Villa karang, Biba Beach Cottage serta masyarakat dan warga mancanegara.

“Total peserta yang ikut ambil bagian lebih dari 200 orang. Alhamdulillah, dari bakti sosial ini terhimpun sampah plastik yang cukup banyak,” ujar Andre.

Ia menjelaskan, Gili Air Eco Fair, dimulai pada pukul 08.00 WITA. Peserta mengawali dengan senam Zumba, dilanjutkan dengan pembersihan pantai.

Tidak hanya itu, usai pembersihan sampah di lokasi pantai Gili Air, panitia juga membuka workshop pembuatan Eco Brick dari sampah. Sebagai motivasi bagi warga, panitia menyiapkan stand pameran Eco product dari bahan-bahan sampah daur ulang.

“Kegiatan berlangsung sampai malam hari, dan berakhir pada pukul 22.00 WITA. Kami juga menyiapkan acara lomba permainan tradisional dan stand jajanan produksi UMKM lokal,” ucapnya.

Andre mengatakan, meski acara berlangsung di tengah keramaian namun warga dan wisatawan tetap menerapkan standar protokol Covid. “Harapan kami, kegiatan menyambut tahun baru ini memberi informasi bagi wisatawan asing yang nanti akan berkunjung ke Lombok Utara,” tandasnya. (ari)