Sambut MotoGP, Pertamina TBBM Ampenan Operasikan Tangki Timbun Pertamax Turbo

Ngurah Yamatika, empat dari kiri bersama jajaran Pertamina di TBBM Ampenan melepas perdana pengiriman Pertamax Turbo ke SPBU-SPBU penyedia BBK ini di Pulau Lombok, langsung dari TBBM Ampenen Senin, 26 Oktober 2020. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) -PT. Pertamina (Persero) melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Ampenan mengkonversi satu tangki timbun untuk bahan bakar pesawat (avtur) menjadi tangki timbun Pertamax Turbo. Pertamina jauh-jauh hari juga mempersiapkan kebutuhan bahan bakar beroktan paling tinggi saat pelaksanaan MotoGP 2021 mendatang.

Gelaran MotoGP 2021 mendatang hanya menunggu setahun. Seluruh persiapan harus matang, jauh-jauh hari sebelumnya. Terminal Manager Ampenan PT. Pertamina (Persero), I Gusti Ngurah Yamatika, bersama Sales Area Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V wilayah NTB, Mahfud Nadyo dan SBM Rayon I Wilayah NTB Aria Aditya di TBBM Ampenan memprediksi akan banyak permintaan untuk bahan bakar kendaraan-kendaraan mewah jelang pegelaran balap motor bergengsi di muka bumi ini. Apalagi Lombok akan menjadi tuan rumah perdana pelaksanaan MotoGP di Indonesia.

Iklan

“Permintaan BBK akan sangat tinggi. Karena yang menonton MotoGP ini umumnya bukan orang-orang yang biasa. Otomatis akan banyak kendaraan-kendaraan pribadi yang masuk ke Lombok. Kita persiapkan kebutuhannya dari sekarang. Jenis BBM ini juga yang digunakan untuk motor-motor balap di MotoGP,” katanya.
Untuk Pulau Lombok, sampai akhir bulan Oktober 2020 ini, ada 13 SPBU dari 50 SPBU yang ready akan menjual BBK Pertamax Turbo. Ke-13 SPBU tersebut di antaranya di Kota Mataram SPBU Kekalik, SPBU Pelembak, SPBU Selagalas, SPBU Pagesangan dan SPBU Sayang-sayang. Di Kabupaten Lombok Barat ada SPBU Meninting, SPBU Mangsit, SPBU Gerimax, SPBU Bengkel. Sementara di Kabupaten Lombok Timur ada SPBU Lenek, SPBU Masbagik, SPBU Rarang. Dan di Kabupaten Lombok Tengah ada SPBU Beleke. Di dalam kawasan Mandalika juga akan beroperasi satu SPBU.

Beberapa SPBU di Pulau Lombok sebetulnya sudah menyediakan produk Pertamax Turbo, biasanya dipasok langsung dari TBBM Sanggaran, Bali. Saat TBBM Ampenan telah mengkonversi tangki bahan bakar avtur menjadi tangki timbun Pertamax Turbo.
“Ndak perlu lagi nunggu pasokan dari Bali. Sekarang kita sudah siapkan satu tangki kapasitas 500 Kiloliter untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dengan oktan paling tinggi RON98,” ujarnya.

Pertamax Turbo adalah jenis bahan bakar untuk kendaraan-kendaraan yang membutuhkan kompresi mesin tinggi. Meskipun secara umum dapat digunakan oleh kendaraan apapun, termasuk sepeda motor biasa yang ber cc rendah. Justru akan semakin baik bagi mesin kendaraan.
Ngurah menegaskan, Lombok, NTB saat ini tak lagi bergantung pasokan Pertamax Turbo dari Bali. Karena tangki yang digunakaan saat ini mampu memenuhi kebutuhan di Lombok sampai enam bulan. Jika dilihat dari konsumsi Pertamax Turbo saat ini.
“Dalam sebulan rata-rata konsumsi Pertamax Turbo 80 kiloliter. 2 Kiloliter sehari. Tapi trendnya pasti akan naik. Apalagi jelang MotoGP nanti. Pertamina siapkan sejak dari sekarang,” imbuhnya.

Pasokan Pertamax Turbo dari TBBM Ampenan didistribusikan perdana ke SPBU-SPBU pada Senin, 26 Oktober 2020. Dengan distribusi perdana ini, masyarakat dan SPBU – SPBU tak usah lagi mengkawatirkan ketersediaan pasokan BBM seharga Rp9.800/liter ini.(bul)