Sambut MotoGP, Pertamina Siapkan Tangki BBM Khusus Kapasitas 500.000 Liter

I Gusti Ngurah Yamatika. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – PT. Pertamina (Persero) menyiapkan satu tangki bahan bakar khusus (BBK), Pertamax Turbo untuk mengantisipasi kebutuhan kendaraan-kendaraan mewah yang digunakan oleh penonton MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tahun 2021 mendatang. Tangki khusus Pertamax Turbo ini dialihkan dari tangki untuk penyimpanan bahan bakar pesawat (avtur).

Operation Head Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Ampenan, I. Gusti Ngurah Yamatika mengatakan, penambahan satu unit tangki timbun upaya yang ditempuh dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Saat ini di komplek TBBM Ampenan, Pertamina memiliki sebelas tangki timbun dengan kapasitas 44 ribu kilo liter (KL).

Iklan

Selain itu, Pertamina juga tengah membangun membangun satu unit tangki timbun tambahan dengan kapasitas 5.000 KL. Yamatika ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya tidak menampik jika ke depannya tingkat kebutuhan BBM masyarakat akan meningkat. Sehingga fasilitas dan prasarana harus disiapkan dengan maksimal. Untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat dimaksud.

“Pasti kedepannya nanti akan ada tren peningkatan sehingga TBBM Ampenan menyiapkannya secara dini untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” urainya. Upaya Pertamina menyediakan tangki pertamax Turbo lain yang tengah dilakukan tegas Ngurah Yamatika, kebutuhan BBK dari kendaraan-kendaraan mewah akan naik. Sementara saat ini, Pertamax Turbo yang beredar saat ini disuplay dari Bali.

“Nanti kalau Pertamax Turbo kita sudah siap maka kita tidak lagi mensuplay dari Sangaran. Sehingga SPBU – SPBU lebih mudah jika ingin menambah stok Pertamax Turbo,” imbuhnya. Sejauh ini baru terdapat sekitar lima SPBU yang menyiapkan bahan bakar minyak jenis Pertamax Turbo. Karenanya dengan adanya satu unit tangki timbun nantinya maka pasokan kebutuhan bagi lima SPBU ini akan dapat disuplai secara langsung dari TBBM Ampenan.

Selain untuk kebutuhan kendaraan-kendaraan mewah, Ngurah Yamatika menambahkan, pihaknya juga mempersiapkan kebutuhan untuk kenaikan permintaan bahan bakar pesawat. Dari 11 tangki timbun yang dimiliki saat ini, termasuk diantaranya adalah tangki timbun untuk avtur yang kapasitasnya sampai 3.500 KL.

Saat ini kebutuhan bahan bakar pesawat rata-rata hariannya sebanyak 80 KL. Permintaan paling tinggi sampai 200 KL, adalah pada saat musim haji. Pemberangkatan langsung jamaah haji dari Lombok ke Madinah menggunakan pesawat-pesawat berbadan lebar. “Kalaupun permintaan tinggi untuk avtur, menurut perhitungan kami masih bisa tercover,” demikian Ngurah Yamatika. (bul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here