Sambut MotoGP, Mesin Rumah Kemasan akan Ditambah

Kepala UPTD Balai Kemasan Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Lalu Siswadi Handayani mengawasi salah satu proses pembuatan kemasan di Balai Kemasan NTB kemarin.(Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Perindustrian Provinsi NTB akan melakukan penambahan kebutuhan permesinan di Rumah Kemasan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas dalam mendukung para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Apalagi menjelang NTB sebagai tuan rumah MotoGP 2021. Kepala UPTD Balai Kemasan Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Lalu Siswadi Handayani, SE. M.Pd dijumpai di Balai Kemasan, Selasa, 20 Oktober 2020 mengatakan, Rumah Kemasan saat ini hanya mampu memproduksi kemasan berbahan dasar kardus, dan kertas.

Sementara untuk kemasan dalam bentuk sachet atau alumunium foil, dibutuhkan peralatan tambahan. Untuk alumunium foil, di Balai Kemasan hanya bisa disablon. Beragam jenis kemasan sudah bisa diproduksi. Hasil produksi kemasannya sangat siap bersaing dengan kemasan-kemasan produk pabrikan lainnya. Untuk memperkaya variasi kemasan, Lalu Siswadi mengatakan, sudah mengusulkan penambahan permesinan untuk melengkapi kebutuhan IKM di Rumah Kemasan. Agar IKM tak perlu lagi membuat atau mendatangkan kemasan dari luar daerah. “Salah satu yang kita usulkan adalah penambahan mesin cetaknya. Mesin yang ada sudah rusak,” ujarnya.

Iklan

Dari beberapa mesin yang ada di Rumah Kemasan, mesin yang paling aktif digunakan adalah mesin sablon. Pemesanan cukup banyak masuk. Baik untuk sablon karung, kain, kardus, kertas dan sejenisnya. Harapannya, untuk lebih membuat daya saing produk IKM NTB yang akan dijajakan pada perhelatan MotoGP mendatang, mesin-mesin kemasan di Rumah Kemasan dapat ditambah agar mampu menghasilkan kemasan dari berbagai jenis bahan dasar, kertas, plastik, maupun alumunium foil.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Hj. Nuryanti, SE, ME mengatakan, dalam rangka peningkatan fungsi pelayanan Rumah Kemasan, Dirjen IKMA Kementrian Perindustrian memfasilitasi pendampingan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001_ 2015 di Rumah Kemasan NTB. Tujuannya, untuk mencapai kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif. Termasuk proses untuk perbaikan sistem dan jaminan kesesuaian dengan persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku. Sehingga, menghasilkan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Rumah Kemasan NTB sedang melakukan persiapan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan melakukan peningkatan produktivitas dan mutu pelayanan serta mengelola risiko dan peluang. Penerapan sistem manajemen mutu di Balai Kemasan juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan akan mutu layanan.

Balai Kemasan, lanjut kepala dinas, telah melakukan penetapan pedoman maupun prosedur pada masing-masing proses untuk mendukung upaya efektifitas dan efisiensi produksi sekaligus pencapaian sasaran mutu. “2021 akan melengkapi permesinan sehingga layanan lebih maksimal dan menggandeng IKM lainnya untuk menjadi mitra Balai Kemasan. Sehingga mendekatkan layanan kepada masyarakat pelaku industri,” demikian Nuryanti. (bul)