Sambut MotoGP, Lotim Siapkan 800 Kamar Hotel dan Homestay

H. Mugni (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Timur (Lotim) memiliki sekitar 800 kamar hotel dan homestay. Layanan akomodasi di Lotim ini siap menyambut tamu-tamu MotoGP Maret 2022 mendatang. Namun, jumlah kamar di Lotim diakui masih sangat terbatas.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lotim, Dr. H. Mugni kepada Suara NTB via ponselnya, Selasa, 11 Januari 2022.

Iklan

Diakuinya, keterbatasan kamar yang dimiliki di NTB secara umum tidak ditampik membuat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyarankan agar tamu yang ingin menonton MotoGP menginap di Bali.

Arahan Kemenparekraf itu menurut Kadispar Lotim ini tidak bisa dikritik. Kondisi penginapan masih sangat terbatas, sehingga tidak ada pilihan lain bagi pemerintah untuk mengarahkan penginapan ke provinsi tetangga yang lebih dekat.

Menjelang perhelatan balap bergengsi kelas dunia ini, para pelaku-pelaku wisata sudah banyak mempersiapkan sejumlah paket penginapan. Hasil rapat terakhir menyarankan disediakan penginapan-penginapan baru. Termasuk lokasi-lokasi camping ground.

“Kemah-kemah berapa kapasitasnya itu dihitung, karena memang sampai begitu kondisinya,” akunya.

Rumah-rumah penduduk diharapkan bisa disulap menjadi tempat penginapan. Kehadiran MotoGP ini bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Apalagi Lotim sudah ada asosiasi-asosiasi pelaku wisata yang bisa langsung dihubungi oleh para wisatawan. Keberadaan homestay ada di seluruh Lotim diyakini sudah mempersiapkan diri menyambut kedatangan tamu. (rus)

Advertisement