Sambut MotoGP, Kawasan The Mandalika Ditargetkan Jadi Zona Hijau Covid-19

Pelaku wisata di kawasan The Mandalika mulai mendapat vaksin Covid-19. Pemerintah menargetkan 2.000 pelaku wisata akan mendapat vaksinasi untuk mempecepat kawasan The Mandalika sebagai zona hijau Covid-19, dalam rangka menyambut event MotoGP tahun ini. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Pemerintah menargetkan kawasan The Mandalika sebagai zona hijau Covid-19 jelang gelaran event balap MotoGP tahun 2021 ini. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19, khususnya bagi pelaku wisata yang ada di kawasan The Mandalika. Vaksinasi sudah dimulai sejak tanggal 30 Maret 2021 lalu.

“Untuk kawasan The Mandalika, target kita sekitar 2.000 pelaku wisata akan mendapat vaksin Covid-19,” sebut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, L.Moh. Faozal, S.Sos.M.Si., tengah pekan kemarin. Target tersebut diharapkan bisa tercapai sebelum bulan puasa besok.

Iklan

Pemberian vaksinasi bagi pelaku wisata tersebut penting selain untuk mempercepat tercapainya kawasan The Mandalika sebagai green zone Covid-19, sekaligus bisa meyakinkan para wisatawan agar mau datang berkunjung ke kawasan wisata ini. Karena para pelaku wisatanya sudah memperoleh vaksin Covid-19. “Siapa-siapa pelaku wisata yang belum memperoleh vaksin Covid-19 terus kita data,” tandasnya.

Terpisah, Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro, Minggu, 4 April 2021 kemarin, mengatakan untuk kawasan The Mandalika total pelaku wisata yang sudah memperoleh dosis pertama vaksin Covid-19 sekitar 1.200 orang. Dan, kemungkinan masih akan bertambah. Mengingat program vaksinasi bagi pelaku wisata di kawasan The Mandalika masih terus berjalan.

Pihaknya berharap dengan adanya vaksinasi bagi pekerja pariwisata di kawasan The Mandalika tersebut dapat menciptakan lingkungan kawasan yang lebih aman dan nyaman bagi berlangsungnya kegiatan di dalam kawasan. Baik kegiatan proyek dan operasional maupun sejumlah kegiatan pariwisata yang menjadi quick wins The Mandalika sebagai destinasi pariwisata super prioritas yang akan mendorong pemulihan pariwisata Lombok dan sekitarnya.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, pihaknya memastikan proses pembangunan tetap berjalan dengan tetap mengedepankan protokol Covid-19. Di antaranya pekerjaan konstruksi Hotel Pullman Mandalika yang ditargetkan selesai pada semester II 2021 ini. kemudian pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP dan WSBK, serta pembangunan jalan akses menuju area wisata di zona timur kawasan The Mandalika.

Sejumlah event sport tourism juga sudah mulai digelar di kawasan The Mandalika. Terakhir event bersepeda Hidup Sehat Series 2021 yang merupakan salah satu rangkaian program pengembangan sport tourism di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang digagas Citilink bersama Kemenparekraf, Kemenkomarvest, dan Kemenpora RI. Menyusul kemudian MotoGP, WSBK, balap sepeda Internasional L’Etape yang merupakan bagian dari Tour de France, serta The Mandalika Ultra Trial 100.

“Kami juga memastikan seluruh kegiatan konstruksi dan event yang berlangsung di The Mandalika ini akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Sehingga bisa menekan potensi penyebaran Covid-19,” tutup Bram. (kir)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional