Sambut MotoGP 2021, Lotim akan Tata Kawasan Pantai Ekas

H. M. Sukiman Azmy (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Dalam rangka menyambut perhelatan MotoGP 2021 mendatang, Pemkab Lombok Timur (Lotim) akan menata sejumlah kawasan di wilayah selatan. Salah satunya adalah kawasan Pantai Ekas Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru. Setidaknya ada tujuh agenda penataan kawasan pantai indah di ujung selatan Lotim tersebut.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (PKP) Sekretariat Daerah Lotim, Iswan Rakhmadi menuturkan, Bupati H. M. Sukiman Azmy, sudah mengunjungi Pantai Ekas pada Kamis, 15 Oktober 2020. Sebelumnya, digelar pertemuan terbatas dengan membahas pantai Ekas dan rencana penataannya di Pendopo Bupati.

Iklan

Seluruh OPD terkait diminta menuangkan semua perencanaan penataan kawasan Ekas tersebut di dalam Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) masing-masing. Diminta, penataan kawasan Ekas ini menjadi program prioritas tahun 2021. Ditegaskan Bupati program penataan Teluk Ekas ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat.

Guna mendukung realisasi pengembangan kawasan tersebut, Bupati menekankan kepada Dinas Pariwisata agar mengagendakan event wisata. ‘Ini untuk meningkatkan pariwisata di kawasan tersebut,” tegasnya.

Adapun yang akan dilakukan Lotim antara lain, menata kawasan niaga, kawasan parkir pengunjung, kawasan lindung, tempat olah raga,  dan penghijauan lahan kawasan pantai. Poin kedua adalah menata kawasan pemukiman penduduk.

Ada beberapa penduduk yang diketahui mendirikan permukiman di areal pantai. “Penduduk tersebut nanti akan dipindahkan ke seberang jalan pantai,” terangnya. Relokasi rumah penduduk itu kata bupati dimaksudkan agar area pantai bersih dari pemukiman. Sesuai ketentuan, area 30 meter dari pantai masih milik negara.

Turut akan ditata adalah, keramba jaring apung tempat budidaya sejumlah komoditi perairan laut. Menurut bupati, penataan ini penting agar jalur pelayaran nelayan lebih teratur. Bupati meminta agar dilakukan pendataan semua pembudidaya di Teluk Ekas. Selain itu perahu nelayan yang bersandar juga harus ditata. Lainnya, Lotim akan membangun jalan lingkar baru yang menuju Pantai Ekas. (rus)