Saldo Puluhan Nasabah BNI Cabang Bima Raib

Kepala Cabang BNI Bima,  Amir Muhammad (Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Puluhan nasabah mendatangi kantor BNI Cabang Bima, Selasa,  29 Januari 2019. Mereka melaporkan telah kehilangan sejumlah dana pada saldo ATM secara misterius, meski tidak pernah melakukan transaksi penarikan tunai.

Kepala Bank BNI Cabang Bima, H. Amir Muhammad mengakui hal itu. Sejak Selasa pagi tercatat ada sekitar 23 nasabah yang kehilangan dana jutaan rupiah di dalam saldo ATM secara misterius.

Iklan

“Kita terima laporannya tadi, sudah ada 23 nasabah. Mereka melapor kehilangan dana Rp5 hingga Rp10 juta,” katanya saat dikonfirmasi sejumlah awak media massa di ruang kerjanya.

Amir menduga terkuras atau hilangnya saldo para nasabah tersebut diduga menjadi korban kejahatan Skimming card. Mengapa ? Menurut Amir, karakteristiknya kartu ATM masih dikuasai atau dipegang oleh nasabah. “Maka dari itu persoalan ini kita lakukan tahap verifikasi dan investigasi,” katanya.

Tahap investigasi yang dilakukan yakni memeriksa dan memantau seluruh tempat ATM BNI. Sementara tahap verifikasi lanjutn dia, mendata jumlah nasabah yang melapor kehilangan dana serta nominal kerugian yang dialami.

“Persoalan ini akan menjadi tanggungjawab kami. Hanya saja butuh waktu untuk verifikasi dan investigasi,” katanya.

Tidak hanya itu, kartu ATM para nasabah yang melapor tersebut akan langsung dinonaktifkan dan diganti dengan baru. Pergantian kartu baru itu kata dia, untuk menghentikan aksi oknum penjahat agar tidak melakukan penarikan yang berkelanjutan. “Kita blokir ATM lama dan diganti dengan yang baru,” katanya.

Amir menghimbau para nasabah BNI pada saat menarik dana di ATM untuk tetap memperhatikan tempatnya. Memastikan tidak ada alat perekam dan kamera tersembunyi yang dipasang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Jangan sampai ada alat yang dipasang untuk merekam data dan mengetahui nomor pin,” pungkas Amir. (uki)