Salat Ied Diimami Imam Besar Asal Maroko, Begini Pengaturan Jemaah di IC NTB

Denah jemaah salat Idul Fitri 1440 H di Masjid Hubbul Wathan IC NTB.

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB akan menggelar salat Idul Fitri 1440 H yang dipusatkan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center (IC), Rabu, 5 Juni 2019, pagi. Salat ied akan diimami imam besar asal Maroko, Syeikh Ahmed Aloui Al Hasani dan Khatib, Dr. TGH. Abdul Aziz Sukarnawadi, MA.
Kepala Biro Kesra Setda NTB, Ahmad Mashuri, SH yang dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 4 Juni 2019 menjelaskan salat ied akan dimulai pukul 06.30 – 07.00 WITA. Sebelum pelaksanaan salat ied, beberapa rangkaian acara dilakukan. Seperti sambutan dari Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc.

Setelah itu, tepat pukul 07.00 WITA dilaksanakan salat ied. Kemudian khotbah salat ied dan acara terakhir salam-salaman dengan seluruh jemaah.

Iklan

“Salat ied dipusatkan di IC NTB. Imam salat ied adalah Syeikh Ahmed Aloui Al Hasani asal Maroko. Sedangkan khatib Dr. TGH. Abdul Aziz Sukarnawadi, MA,” kata Mashuri.
Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kata Mashuri, jemaah salat ied di IC NTB diperkirakan akan membeludak. Sehingga dilakukan pengaturan jemaah salat ied. Ia menyebut pengaturan jemaah salat ied di IC sama seperti di Masjidil Haram MakkahN Arab Saudi.

“Kayak Masjidil Haram kita pakai tahun ini pengaturan jemaahnya,” terang Mashuri.
Ia menjelaskan untuk lantai 1 dan 2 Masjid Hubbul Wathan IC NTB hanya diperuntukkan bagi jemaah laki-laki. Posisi salat jemaah laki-laki juga berada pada Serambi Timur, Plaza Utara, Plaza Selatan, Halaman Parkir Timur Selatan, Halaman selatan dan Halaman utara.
Sedangkan posisi salat jemaah perempuan berada pada Ballroom, Serambi Ballroom selatan dan Utara, Plaza Timur , Halaman Parkir Timur utara, Halaman selatan, Halaman Utara.

Sepanjang Jalan Langko sampai SMP Negeri 2 Mataram, Jalan Udayana, Lapangan IC, dan lapangan Bank NTB akan digunakan untuk parkir mobil. Sedangak basement hanya digunakan untuk parkir sepeda motor.
Karena seluruh areal di kawasan Masjid Hubbul Wathan digunakan sebagai tempat salat, Mashuri mengimbau masyarakat yang akan salat ied wudhu dari rumah masing-masing. Tempat wudhu hanya tersedia pada mobil tangki yang berada di sekitaran IC NTB. (nas)