Salat dan Kurban Harus Patuhi Prokes Covid-19

Inilah hewan qurban dari Presiden RI, Joko Widodo yang siap disembelih pada saat hari Idul Adha nanti.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin menegaskan, pelaksanaan salat idul adha kegiatan qurban selama hari tasrik harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

“Kita sudah terbitkan edaran menindaklanjuti SE menteri agama dan edaran gubernur. Jadi masyarakat kami mematuhinya,” tegas Wabup, Minggu, 18 Juli 2021.

Iklan

Untuk memastikan ketentuan tersebut dipatuhi masyarakat, Wabup mengatakan, ia sebelumnya telah menginstruksikan secara lisan kepada seluruh camat. Para camat diperintahkan memberi pengarahan kepada seluruh panitia tingkat desa sehari sebelum pelaksanaan salat Id dan kegiatan berkqurban. “Para camat harus bisa memastikan panitia telah melengkapi seluruh perlengkapan pencegahan (covid-19) di lokasi salat serta menginformasikan kepada warga,” cetusnya.

Khusus untuk kegiatan qurban, Wabup menjelaskan, tahun ini penyembelihan hewan qurban harus diadakan oleh panitia hari raya baik tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa. Demikian pula pendistribusiannya langsung diserahkan kepada warga di rumah masing-masing penerima. “Tidak boleh ada pembagian daging di lokasi pemotongan seperti biasa. Karena itu bisa menimbulkan kerumunan yang berpotensi menjadi sumber penularan virus corona,” timpalnya.

Pada bagian lain, perayaan Idul Adha di KSB tahun ini ada kejutan bagi masyarakat KSB. Pasalnya saat perayaan salat tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan di depan lapangan masjid Agung Darussalam KTC langsung dihadiri oleh gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah. Orang nomor satu di NTB itu bahkan didapuk sebagai khatib salat.

Selain itu kata Wabup, paling spesial lagi, KSB mendapat kiriman sapi qurban dari Presiden RI, H. Joko Widodo. Sapi seberat 1 ton lebih itu saat ini telah berada di tangan panitia qurban kabupaten dan akan disembelih usai salat idul adha, Selasa, 20 Juli 2021. (bug)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional