Salah Jalur, Pendaki Asal Lobar Jatuh di Gunung Rinjani

Pendaki asal Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Tri Delas Akbariyanto (25) yang merupakan korban jatuh saat mendaki Gunung Rinjani, Sabtu, 3 Juli 2021. (Suara NTB/ist/BPBD Lotim)

Selong (Suara NTB) – Kecelakaan dalam pendakian kembali terjadi di Gunung Rinjani, pada Sabtu, 3 Juli 2021. Korban merupakan pendaki asal Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Tri Delas Akbariyanto (25). Korban terjatuh di sekitar longsoran jembatan pertama dari Pelawangan Sembalun menuju Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Beruntung korban masih dalam kondisi selamat.

Korban berangkat mendaki bersama tiga orang temannya. Namun pada saat perjalanan pulang, korban mengalami kecelakaan berupa jatuh akibat salah jalur. Akibatnya korban mengalami patah tulang lengan kanan.

Iklan

Petugas yang menangani insiden itu langsung bergegas melakukan upaya penanganan untuk melakukan evakuasi korban di jalur pendakian Rinjani. Tim evakuasi merupakan gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, SAR Lotim, Damkarmat, TNGR, dan Porter. Korban dievakuasi dengan cara dituntun oleh petugas.

“Saat ini korban telah dievakuasi dalam keadaan patah lengan tangan kanan dan korban sudah diambil oleh keluarga di pos TNGR,” terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Lotim, Iwan Setiawan, pada Sabtu, 3 Juli 2021 malam.

Korban jatuh di sekitar longsoran jembatan pertama dari Pelawangan Sembalun menuju Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Korban ditemukan di kedalaman sekitar 15 meter dengan kondisi patah tulang lengan kanan (ekstrimitas atas) dan sedikit luka lecet di bagian muka. Terkait peristiwa ini, Iwan Setiawan mengimbau kepada seluruh pendaki diharapkan agar tetap berhati-hati serta waspada. (yon)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional