Sah, Unesco Tetapkan Rinjani Jadi Geopark Dunia

Mataram (Suara NTB) – Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, akhirnya Rinjani ditetapkan menjadi geopark dunia. Rinjani ditetapkan  sebagai geopark dunia dalam sidang Unesco Executive Board pada Kamis siang, 12 April 2018 di Paris.

“Alhamdulillah baru saja saya mendapat kabar bahwa pada sidang Unesco Executive Board siang ini di Paris, telah menetapkan Geopark Rinjani sebagai anggota baru Unesco Global Geopark,” kata General Manager Geopark Rinjani, H. Chairul Mahsul, SH, MM kepada Suara NTB, Kamis, 12 April 2018 malam.

Iklan

Chairul berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pencapaian Rinjani sebagai geopark dunia tersebut. Tanda-tanda Gunung Rinjani akan menjadi Global Geopark terlihat setelah NTB ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan Asia Pasific Geopark Network Symposium atau pertemuan seluruh anggota Geopark se-Asia Pasific pada 2019.

Salah satu dampak yang akan muncul dari status ini adalah kegiatan konservasi di Gunung Rinjani akan semakin serius. Pemerintah harus melakukan konservasi untuk menjaga segala kekayaan alam Rinjani.

Sebelumnya, Kepala Bappeda NTB, Ir. H. Ridwan Syah, MM, M.Sc, MTP mengatakan secara de facto Gunung Rinjani sudah masuk menjadi geopark dunia sejak ditunjuknya NTB menjadi tuan rumah kegiatan Asia Pasific Geopark Network Symposium pada 2019.

Namun pengumuman resminya dikeluarkan pada April 2018.  Sedangkan penyerahan piagam srbagai anggota baru geopark dunia akan dilaksanakan di Italia September 2018.

Sebelum ditetapkan menjadi geopark dunia, Pemprov NTB juga sudah menyelesaikan semua rekomendasi dan catatan dari Unesco. Rinjani diusulkan menjadi geopark dunia mulai 2013. Sejak ditetapkan sebagai geopark nasional. (nas)