Rute Penerbangan Lombok-Yogyakarta dan Lombok-Medan Dibuka Lagi

Ilustrasi aktivitas penerbangan di NTB.(Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Beberapa rute penerbangan domestik di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) kembali dibuka. Antara lain rute dari dan ke Yogyakarta dan Medan yang difasilitasi maskapai AirAsia. Sebelumnya rute ini ditutup karena pandemi virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H. Lalu Moh. Faozal, S.Sos, M.Si menerangkan, penambahan intensitas penerbangan juga dilakukan untuk beberapa rute yang sudah dibuka. Seperti rute dari dan ke Jakarta, Surabaya dan Bali.

Iklan

‘’AirAsia baru kirim kemarin beberapa rute penerbangan domestik. Sudah bisa beli tiket dari sekarang dan sudah siap terbang kembali ke Lombok,’’ ujar Faozal dikonfirmasi, Jumat, 17 Juli 2020. Dengan pembukaan rute tersebut, penerbangan domestik ke Lombok, NTB bertambah sebanyak 14 kali seminggu.

Di sisi lain, pembukaan rute yang dilakukan AirAsia diharapkan dapat mendorong meningkatnya kunjungan wisatawan domestik. Terutama kunjungan dari wisatawan asal Jakarta yang sejak dulu menjadi salah satu target pasar pariwisata NTB.

‘’Iya (wisatawan, red) domestik dulu lah yang AirAsia. Pasar potensial kita juga adalah Jakarta dan Bali,’’ jelasnya.

Sebagai informasi, AirAsia menyediakan layanan fly-thru (transit) domestik bagi tamu yang ingin terbang lebih jauh, yaitu Medan-Bali, Medan-Lombok, serta Medan-Surabaya melalui Jakarta. Selain itu disediakan juga fleksibilitas mengubah tanggal penerbangan tidak terbatas hingga 31 Desember 2020 bagi tamu yang memesan tiket baru antara 3 Juni hingga 31 Oktober 2020.

Di sisi lain, pembukaan rute domestik tersebut dinilai belum dapat meningkatkan aktivitas Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) tingkat nasional. Padahal hotel-hotel di NTB telah meyiapkan diri dari segi protokol dan lain-lain.

“MICE itu tidak segampang dikira. Perlu ada protokol dan sebagainya. Intinya sekarang kita sedang bicarakan dengan teman-teman hotel. Karena SOP sedang kita siapkan,’’ ujar Faozal.

Kendati demikian, untuk pelaksanaan MICE nasional dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman ke semua kementerian lembaga disebut telah mendapatkan izin. Terutama untuk pelaksanaan di destinasi super prioritas seperti NTB.

‘’Ya tergantung kesiapkan kita. Mulai dari SOP siap dan semua siap. Kita bisa menerima pelaksanaan MICE, baik itu nasional maupun daerah,’’ jelasnya.

Terpisah, Communication and Legal Section Head PT. Angkasa Pura I LIA, Arif Haryanto, menerangkan pembukaan rute domestik dari AirAsia telah melayani rute penerbangan Jakarat ke Lombok pada Jumat, 17 Juli 2020. ‘’Rute CGK-LOP-CGK hari ini terjadwal. Tiba dari Jakarta jam 13.00 Wita, berangkat dari Lombok 13.25 Wita,’’ ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan catatan Angkasa Pura I selama Juni 2020, Bandara Lombok melayani sekitar 16 ribuan penumpang dan sekitar 300 pergerakan pesawat. (bay)