Rusunawa Jadi Sarana Isolasi Terpadu Pasien Covid-19 di Kota Bima

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) merespon baik harapan Pemprov NTB agar Kabupaten/Kota menyiapkan sarana isolasi terpadu bagi pasien Covid-19. Langkah antisipasi itu, sebetulnya sudah lama dipersiapkan, tepatnya di Rusunawa Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat.

Sekretaris Dikes Kota Bima, Ahmad, S. Sos., kepada Suara NTB, Selasa, 27 Juli 2021 menyampaikan, tim gugus tugas Covid-19 bersama aparat gabungan TNI-Polri sudah menyiapkan sarana isolasi terpadu bagi pasien Covid-19, baik untuk kategori orang tanpa atau memiliki gejala ringan. “Kita sudah menyiapkan tempat isolasi terpadu itu, tepatnya di rusunawa,”   terangnya.

Iklan

Rusunawa yang berada di Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat, menurutnya ideal sebagai tempat isolasi terpusat pasien Covid-19. Pasalnya, sarana tersebut memiliki 120 kamar dengan masing-masing dua kasur tidur.

Meski telah melalui proses peninjauan dan dinyatakan layak, sarana itu belum bisa dimanfaatkan karena masih menunggu keputusan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE.

Selain menyiapkan sarana isolasi terpadu, Ahmad menegaskan, pemerintah daerah tengah merancang kerjasama dengan pengusaha hotel agar fasilitasnya bisa dimanfaatkan ketika terjadi lonjakan kasus yang signifikan.

“Ini untuk kesiapsiagaan kita. Bahkan RSUD Kota Bima, akan dijadikan rumah sakit Covid-19. Khusus pasien non Covid-19 yang perlu dirawat kita arahkan ke Puskesmas Paruga,” jelasnya.

Penyiapan sarana isolasi terpadu bagi pengidap Covid-19 tanpa atau memiliki gejala, menurutnya tepat diambil. Disamping bisa memaksimalkan pengawasan selama isolasi, juga memastikan kebutuhan gizi pasien tetap terpenuhi dengan baik.

Sementara disinggung data kasus Covid-19 di Kota Bima, Ahmad menyebutkan, sampai Tanggal 26 Juli 2021 kemarin tercatat 180 orang dalam isolasi, baik di sarana kesehatan maupun secara mandiri di rumah. “Untuk angka kematian sesuai rilis ada 40 orang,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional