Rumaksi : NTB Butuh Sosok Pengusaha pada Pilgub 2018

Mataram (suarantb.com) – Politisi Partai Hanura, H. Rumaksi SJ, SH mengatakan sudah saatnya NTB dipimpin oleh sosok pengusaha dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang. Menurutnya, dengan adanya figur pengusaha akan memberikan pilihan yang lain kepada masyarakat. Rumaksi mengatakan, NTB sudah dipimpin oleh kalangan militer, politisi, birokrat  dan ulama.

“Kita sudah coba NTB dipimpin oleh tentara, politisi, PNS dan sekarang sudah ulama.  Mengapa kita tidak mencoba NTB ini dipimpin oleh pengusaha,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Sabtu, 23 Juli 2016.

Menurut Rumaksi, untuk bisa membangun daerah NTB memerlukan investasi yang tidak sedikit. Guna meyakinkan investor berinvestasi  di NTB, maka sosok pengusaha dinilai paling memiliki kemampuan. Tentunya, kata  Politisi asal Lombok Timur ini, hanya sosok pemimpin pengusaha yang paling mengerti pola pikir para pengusaha.

“Bagaimana kita bisa membangun dengan kemampuan yang ada tanpa ada investasi yang besar di NTB ini. Nah untuk bisa meyakinkan investor mau berinvestasi yang mengerti pola pikir (pengusaha) ya pengusaha juga,” ujarnya.

Namun, kata Rumaksi, sosok pengusaha yang dibutuhkan tentu yang sungguh-sungguh mau mengabdikan dirinya untuk NTB. Artinya, sosok pengusaha yang betul-betul mapan. “Sudah dia tidak terlibat macam-macam itu. Tidak terlibat hutang apa. Biar dia hanya memikirkan bagaimana dia mengabdikan diri untuk masyarakat NTB,” ucapnya.

Sekretaris Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD NTB ini mencontohkan pemimpin yang berlatar belakang pengusaha seperti Presiden dan Wakil Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dan H. M. Jusuf Kalla.

“Presiden kita pengusaha, Wakil Presiden kita pengusaha, Gubernur DKI pengusaha. Jadi banyak sekali contoh Bupati, Walikota, Gubernur, Menteri  dan Presiden yang berlatar belakang pengusaha,” tuturnya.

Ketika ditanya siapa sosok pengusaha yang perlu didorong untuk maju dalam Pilgub mendatang? Rumaksi enggan menyebutkan nama. Namun ia meminta para pengusaha asal NTB yang sukses di tingkat lokal maupun nasional turun gunung meramaikan Pilgub 2018.

“Jadi figur-figur itu sudah saatnya turun membangun NTB secara total. Sehingga persoalan kemiskinan dan lain sebagainya bisa segera ada solusi kongkrit yang diberikan oleh para pengusaha ini,” pungkasnya. (ast)