Rumah Warga di Sekotong Rusak Diterjang Banjir Kiriman dari Loteng

0
Rumah warga di Dusun Bengkang Desa Persiapan Pengantap Kecamatan Sekotong rusak diterjang banjir kiriman dari Loteng.(Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Banjir kembali menerjang daerah Desa Persiapan Pengantap Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, pada Minggu, 2 Januari 2022. Kali ini, banjir kiriman dari wilayah Lombok Tengah (Loteng). Dua dusun terdampak, yakni Dusun Kebeng dan Dusun Bengkang. Akibat banjir itu, selain merendam ratusan rumah dan sekolah. Rumah warga setempat juga dilaporkan rusak.

Warga setempat, H. Rusdin menerangkan banjir terjad Minggu siang sekitar pukul 12.00 Wita. “Siang hari terjadi banjir besar di Dusun Kebeng dan Bengkang, tidak ada hujan namun banjir kiriman dari Loteng,” tutur Rusdin.

IKLAN

Banjir yang berasal dari pegunungan daerah Loteng itu lumayan besar sehingga merendam pemukiman warga. Warga pun dibuat panik, lantaran di daerah itu tidak terjadi hujan. Namun tiba-tiba saja banjir datang. Selain pemukiman warga, fasilitas sekolah dasar (SDN) 3 Bengkang yang menjadi langganan banjir juga ikut terendam.

Selain merendam ratusan rumah, rumah warga di Dusun Bengkang juga rusak diterjang banjir.

Sementara itu, Wakil Bupati Lobar, Hj. Sumiatun yang dikonfirmasi terkait penanganan banjir di daerah itu mengatakan bahwa tahun ini dilakukan penanganan terhadap jembatan di Bengkang dari Pemprov NTB. Selain itu sungai di daerah itu akan ditangani oleh BWS. “Alhamdulillah untuk jembatan tahun ini akan direalisasikan. Provinsi sudah turun. Begitu pula sungai akan ditangani oleh BWS,” jelas Wabup.

Ketua DPD Golkar Lobar ini mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan BWS. Pihaknya mengajukan proposal ke BWS untuk penanganan sungai. “Mudah-mudahan tahun 2022 dua-duanya terealisasi, penanganan sungai oleh BWS dan jembatan oleh provinsi,” ujarnya.

Sedangkan untuk penanganan sekolah, ia sudah memerintahkan Dikbud untuk menangani pengukuran halaman sekolah tersebut. (her)