Rumah Warga di Desa Ongko Terendam Banjir

Air meluap ke jalan depan SDN 2 Ongko. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Hujan lebat disertai angin melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa pada Jumat, 27 November 2020. Akibatnya, rumah warga di dua dusun di Desa Ongko, Kecamatan Empang terendam banjir. Selain rumah warga, air juga merendam fasilitas publik seperti sekolah dan kantor desa setempat.

Camat Empang, Abdul Arief, S.Sos yang dikonfirmasi Suara NTB via telepon membenarkan kejadian tersebut. Hujan lebat disertai angin terjadi sekitar pukul 13.00 Wita. Tidak lama berselang, tiba-tiba air sungai naik ke pemukiman warga di Dusun Parigi dan Dusun Ongko. Air juga menggenangi jalan dan masuk ke halaman SDN 2 Ongko.

 

Tampak kerusakan pagar depan kantor Desa Ongko. (Suara NTB/ist)

Akibat kejadian ini, material warga seperti pupuk, ternak ayam dan gabah terendam. Bahkan pagar kantor desa rusak akibat hantaman banjir. Setelah beberapa jam berlangsung, air mulai surut. “Alhamdulillah air sudah surut sekitar pukul 15.30 Wita,” terangnya.

Sementara ini, pihaknya masih melakukan pendataan terhadap jumlah rumah warga yang terendam, termasuk kerugian yang ditimbulkan. “Tidak ada korban jiwa dan untuk sementara sedang dalam pendataan kerugian yang ditimbulkan,” ungkap camat.

Ke depannya, lanjutnya, untuk mengantisipasi terjadinya banjir, perlu dilakukan normalisasi dan pengamanan sebagian tebing sungai. Karena kondisi sungai terlalu dangkal, dan saat ini baru awal musim penghujan. (ind)