Rumah Dinas PM Sumbawa Terbakar

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Warga Kota Sumbawa Besar dikejutkan dengan kebakaran rumah dinas Polisi Militer (PM) Sumbawa pada Sabtu, 2 Juni 2018 malam lalu sekitar pukul 21.00 Wita.

Guna mengantisipasi api kian membesar, Satdamkar yang mendapat laporan menerjunkan tiga unit mobil pemadam. Dibantu warga, aparat kepolisian, TNI, dan sejumlah pihak lainnya, api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 30 menit.

Iklan

Dari kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa. Namun selain beberapa ruangan yang terbakar, juga diketahui satu unit sepeda motor Xeon ludes dilalap si jago merah.  Dimana sejauh ini penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Pihak kepolisian pun sudah memasang garis polisi di lokasi untuk kepentingan penyelidikan.

Camat Sumbawa, Hikmawan yang ditemui dilokasi menyebutkan pihaknya mendapatkan informasi kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 Wita. Pihaknya yang mendapatkan informasi langsung terjun ke lokasi. Dari kejadian, ada lima kamar asrama yang dihuni oleh tujuh orang hangus terbakar.

Saat kejadian, hanya satu orang yang berada di lokasi, sedangkan yang lainnya sedang keluar. Rumah dinas komandan PM juga dalam keadaan kosong, karena penghuninya dalam perjalanan dari Bali menuju Sumbawa. Selain asrama, satu unit sepeda motor juga ikut terbakar. Kemudian uang jutaan rupiah serta dokumen berharga.

Dari keterangan saksi, sebelum kejadian terdengar suara ledakan dari salah satu kamar. Meskipun demikian, pihaknya belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran karena masih dalam penyelidikan polisi.

Danton Sif 3 Satdamkar, Juni Junaidi, mengaku pihaknya langsung terjun ke lokasi setelah mendapatkan informasi. Pihaknya menerjunkan tiga unit mobil pemadam. Kebetulan anggotanya juga ada yang memadamkan api di lahan dekat PLTD Boak.

Setelah api di lahan setempat dipastikan padam, mobil damkar lain digeser ke rumah Dinas PM. Berkat upaya yang dilakukan, api dipastikan padam dalam waktu 30 menit. Hanya saja pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab dari kebakaran, karena menjadi rana polisi untuk menyelidikinya.

Sedangkan Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah yang juga berada di lokasi berterima kasih kepada semua pihak yang sigap memadamkan api sehingga meluar. Wabup mengaku salut dengan kebersamaan dari TNI, Polri, Tagana dan semua pihak termasuk masyarakat secara bahu membahu membantu Satdamkar memadamkan api.

Mengingat kebakaran ini kerap terjadi, Wabup menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan tidak lalai meninggalkan rumahnya. Pastikan api kompor dan lainnya sudah dipadamkan. Supaya kebakaran tidak lagi terjadi. (ind)