RSUD NTB Tuntaskan Pemeriksaan Kesehatan Tiga Bapaslon Pilkada Dompu

Pasangan H. Syaifurrahman Salman, SE, MSI – Ika Rizky Feryani usai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSU Provinsi NTB, Kamis, 10 September 2020.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB)-RSUD Provinsi NTB telah menuntaskan pemeriksaan kesehatan terhadap 3 bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan wakil Bupati Dompu pada 9 – 10 September 2020. Ika Rizky Feryani atau yang akrab disapa Chika yang sempat dinyatakan positif Covid-19 hasil pemeriksaan laboratorium yang diumumkan 4 September lalu, juga menjalani pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat.

Komisioner KPU Dompu, Agus Setiawan, SH yang dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 11 September 2020, menjelaskan, ketiga bakal pasangan calon telah menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di RSUD Provinsi NTB pada 9 – 10 September 2020 sesuai jadwal. “Semua tiga pasang itu sudah menjalaninya pada 9 – 10 kemarin. Tapi terkait hasil, KPU belum punya,” katanya.

Iklan

Sesuai jadwal, IDI dan RSU Provinsi akan menyerahkan hasil ke KPU Dompu pada 12 September 2020. Begitu juga soal teknis pemeriksaan dan kekhawatiran ada yang terpapar Covid-19, menjadi ranah RSU dan IDI. “Kalau itu (positif Covid-19), kami serahkan semua ke pihak rumah sakit. Itu intinya. Dengan catatan, membawa hasil tes negatif pada saat sebelum pemeriksaan,” jelasnya.

Kuasa Hukum Ika Rizky Feryani yang dihubungi menegaskan, kliennya dalam keadaan sehat walafiat dan itu juga sesuai hasil pemeriksaan di RSU Provinsi NTB. Bahkan dari 3 bakal pasangan calon, pasangan H Syaifurrahman Salman, SE, MSI – Ika Rizky Feryani (SUKA) langsung diserahkan hasil uji kesehatannya. “Malah kemarin, SUKA langsung diserahkan hasil uji kesehatannya dan dinyatakan sehat semua,” ungkap Kisman melalui pesan WhatsApp.

Kisman juga mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan IDI, BNN dan psikolog terkait mata, hidung, telinga, tekanan darah, jantung, paru – paru, psikologi hingga status bebas narkoba. Pemeriksaan dilakukan lengkap oleh tim dokter, prikolog dan BNN NTB. “Semua diperiksa,” katanya.

Sementara dalam keterangan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes, sesuai hasil koordinasi pihaknya dengan tim Gugus Tugas Provinsi NTB bahwa, jadwal pemeriksaan kesehatan untuk Ika Rizky Feryani akan dijadwal ulang. Pengunduran jadwal pemeriksaan menyusul status positif Covid-19 hasil swab yang diumumkan pada 4 September lalu dan mengharuskan Chika menjalani isolasi yang berakhir 12 September 2020. (ula)