RSUD Dompu Raih Akreditasi Dua Bintang

Dompu (Suara NTB) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu mendapat akreditasi dua bintang dari komisi akreditasi rumah sakit (KARS). Akreditasi dasar ini menjadi pengakuan terhadap pelayanan rumah sakit (RS) secara nasional.

Direktur RSUD Dompu, dr. H. Syafruddin melalui Humasnya, Gunawan, A.Md.Pik kepada Suara NTB, Rabu (9/5) kemarin mengungkapkan, tim KARS yang melakukan survei dan penilaian atas RSUD Dompu Desember 2017 lalu telah mengeluarkan hasilnya.

Iklan

RS Dompu mendapat akreditasi dasar atau bintang dua. “Hasil penilaian tim KARS, kita mendapat akreditasi dua bintang atau akreditasi dasar,” katanya.

Kendati baru mendapat akreditasi dasar, Gunawan mengungkapkan komitmen pihaknya untuk meningkatkan status akreditasi hingga mencapai akreditasi 5 bintang atau paripurna.

Akreditasi ini menjadi pengakuan secara nasional berdasarkan standar – standar pelayanan di RS. Dalam penilaian oleh tim KARS, ada 15 pokja yang dinilai dan masing – masing pokja ada kriterianya. Tapi yang menjadi penilaian prioritas tim KARS yaitu tentang pelayanan terhadap hak dan kewajiban pasien.

Sekda Dompu, H Agus Bukhari, SH, M.Si didampingi Direktur RSUD Dompu, dr. H. Syafruddin (kanan) dan Sekretaris / Kepala TU RSUD Dompu, Zulkarnain. S.sos Mph (kiri) usai pembinaan oleh Sekda Dompu.

Akreditasi ini juga sangat penting bagi RS dalam memberikan pelayanan. Selain untuk mengetahui kapasitas diri, standar ini menjadi syarat bagi RS bekerjasama dengan pemerintah. Bila RS belum terakreditasi hingga 2019, tidak bisa lagi melayani pasien, dan BPJS tidak mau membayar pasien yang berobat menggunakan JKN atau Jamkesmas.

“Kita alhamdulillah sudah terakreditasi dasar. Kita berkomitmen untuk mendapatkan akreditasi lima bintang atau paripurna. Kita akan terus benahi terhadap kekurangan yang ada untuk perbaikan layanan kedepan. Itu menjadi komitmen kami,” tegas Gunawan.

RSUD Dompu juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan secara maksimal dengan ikhlas dengan tetap menjaga kesopanan.

Komitmen ini ditandai dengan disebarkannya nomor jaringan komunikasi yang bisa dihubungi bila pasien atau keluarga pasien mendapati karyawan RSUD Dompu yang melayani kurang senyum dan tidak raham untuk dilaporkan pada nomor yang ada. Seperti melalui SMS, WA, Line melalui nomor 0852 3938 4774 atau melalui FB @Humas RSUD Dompu dan email : humasdanpemasaranrsudompu@gmail.com.

Namun, pasien dan pengunjung pun diminta untuk menaati aturan di RSUD Dompu diantaranya tidak merokok di area rumah sakit, taat jam berkunjung, menjaga kebersihan dan keamanan. Ketika ditemukan ada pelanggaran, pihak Satpam RSUD Dompu akan menegurnya. Termasuk soal soal ketertiban saat jam berkunjung. (ula/*)