RSUD Asy Syifa Masih Telusuri Nakes Kontak Erat Positif Covid-19

Carloff Sitompul. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Setelah mengetahui 8 orang petugasnya terinfeksi Covid-19, pihak RSUD Asy-Syifa langsung bergerak cepat mengambil tindakan pengamanan. Selain mengisolasi yang dinyatakan positif, manajemen juga terus menelusuri tenaga medis (Nakes) lainnya yang memiliki kontak erat.

“Tracing kontak masih kamj lakukan sampai sekarang. Tiap Nakes kami identifikasi yang pernah kontak erat dengan yang sudah positif langsung kami karantina sambil menunggu jadwal tes swab,” kata dr. Carloff Sitompul, Direktur RSUD Asy-Syifa, Senin, 16 November 2020.

Iklan

Kedelapan Nakes yang ditetapkan positif itu selama ini bertugas di bagian layanan anak. Terdiri dari 1 orang dokter anak dan lainnya adalah perawat. Carloff mengatakan, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan sumber awal penularan yang kemudian menginfeksi Nakes tersebut. Namun untuk memutus mata rantai penularan, pihaknya telah mengambil langkah-langkah pencegahan. Mulai menelusuri kontak erat pada seluruh petugas dan pegawai internal RSUD termasuk memperketat interaksi antar Nakes maupun antara Nakes dengan pasien saat memberikan pelayanan. “Kami tentu tidak ingin ada penularan lagi baik di internal apalagi sampai keluar. Makanya kita berupaya secepat mungkin menelusuri semua kontak erat yang sudah terlanjur positif,” ujarnya.

Meski banyak petugasnya yang sedang menjalani isolasi, pasca 8 orang Nakes teeinfeksi. Selanjutnya Carloff menyatakan, sementara ini pelayanan RSUD Asy-Syifa masih berjalan normal. Seluruh poli layanan rumah sakit tetap aktif dengan mengandalkan Nakes yang tersisa. “Nanti atau besok kita lihat perkembangannya. Kalau memang makin banyak teridentifikasi kontak erat dengan yang sudah positif tentu akan kita pertimbangkan menutup sementara beberapa layanan. Tapi untuk hari ini masih normal. Dan harapan kami tetap seperti itu karena kan kita juga harus pastikan pelayanan kesehatan masyarakat berjalan baik,” pungkasnya. (bug)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional