RS Swasta di Mataram akan Lanjutkan Kerjasama dengan BPJS

BPJS Kesehatan

Mataram (suarantb.com) – Beberapa rumah sakit (RS) swasta di Kota Mataram akan kembali melanjutkan kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Belum lama ini sebanyak lima RS swasta tidak melakukan perpanjangan kontrak dengan BPJS Kesehatan. RS Risa Sentra Medika telah mengajukan penawaran kerjasama kembali kepada pihak BPJS Kesehatan.

Demikian disampaikan Humas RS Risa Sentra Medika, dr. Cheria Cahyaningtyas, Selasa, 7 Februari 2017. “Minggu lalu kita sudah kirim berkas lagi ke BPJS. Jadi sekarang kita sedang menunggu hasil verifikasi dari BPJS sendiri,” jelasnya.

Iklan

Cheri menjelaskan saat masih melakukan kontrak kerja sama dengan BPJS Kesehatan, dari total jumlah pasien yang berobat ke RS Risa, sekitar 30-40 persen adalah pengguna BPJS Kesehatan. Pihaknya memutuskan kembali bekerja sama sebagai bentuk dukungan terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kita sangat mendukung program JKN. Jadi sebenarnya kemarin itu kita tidak putus kerja sama, hanya rehat. Karena ada evaluasi intern yang dilakukan, bukan hanya Risa tapi rumah sakit swasta lainnya juga,” katanya.

“Kita tidak ingin membuat masyarakat kecewa karena tidak bisa gunakan BPJS-nya di sini. Kita juga ingin agar masyarakat bisa punya pilihan yang lebih banyak. Setahu saya rumah sakit swasta lainnya juga sudah mengajukan berkas,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Muhammad Ali yang dikonfirmasi suarantb.com membenarkan pernyataan dari RS Risa tersebut.

“Iya, kita sudah terima berkas penawaran dari Risa,” ungkapnya. Selain Risa, Ali mengatakan empat rumah swasta lain yang sebelumnya tidak memperpanjang kontrak kerja sama juga telah mengajukan berkas penawaran.

“Lima rumah sakit swasta di Kota Mataram yang berakhir perjanjian kerjasamanya sudah kita terima berkas penawarannya. Ditambah dengan RS Grha Ultima Medika Mataram. Jadi saat ini kita sedang dalam proses verifikasi,” jelasnya. Lima RS swasta di Kota Mataram berakhir masa kontrak kerjasama dengan BPJS Kesehatan pada Desember 2016 lalu yaitu RS Islam Siti Hajar, RS Risa Sentra Medika, RS Harapan Keluarga, RS Biomedika¬† dan RS Katolik ST. Antonius Ampenan. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here