RS Sondosia Mulai Buka Pelayanan Tes Cepat Gratis Mahasiswa dan Pelajar

Yulian Averos. (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Rumah Sakit (RS) Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mulai membuka pelayanan tes cepat (rapid test) gratis bagi mahasiswa, pelajar dan santri asal Kabupaten Bima yang mau melanjutkan pendidikan ke luar daerah.

“Sudah mulai dibuka. Bahkan kita buka sejak Surat edaran dikeluarkam beberapa waktu lalu,” kata Direktur RS Sondosia, dr. Yulian Averos akhir pekan kemarin.

Iklan

Untuk kebutuhan pelayanan tes cepat, RS Sondosia kata Yulian telah diberikan sebanyak 200 unit alat tes cepat oleh Pemerintah Daerah melalui Tim GUGUS Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bima.

“Sudah ada alatnya. Untuk biaya dan alatnya ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah daerah,” ujarnya.

Untuk itu Yulian menghimbau semua mahasiswa, santri dan pelajar dengan tujuan keluar daerah yang melanjutkan studi agar mendatangi RS Sondosia untuk dilakukan tes cepat, sebagai syarat mendapatkan surat keterangan keterangan bebas Covid-19.

“Syaratnya cukup fotokopi KTP dan kartu mahasiswa dan pelajar,” katanya.

Sebelumnya Pemkab Bima mengeluarkan kebijakan yakni mengratiskan biaya tes cepat bagi para pelajar, santri danmahasiswa asal Kabupaten Bima yang hendak bepergian ke seluruh wilayah NKRI, untuk melanjutkan studi.

Kebijakan itu berdasarkan Surat Edaran Gugus Tugas (Gutas) Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 dan diubah dengan SE Nomor 5 Tahun 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan virus corona.

Segala bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tes cepat untuk keperluan surat kesehatan bebas Covid-19 akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Selain biayanya gratis, syarat untuk tes cepat juga dipermudah yakni hanya menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP), Kartu Pelajar atau Mahasiswa. KK atau tanda pengenal lainnya yang sah sebanyak satu lembar. (uki)