Rp54 Miliar Dana Gempa di Lobar Belum Bisa Dieksekus

Rumah Tahan Gempa (RTG) di Lobar. Pemkab mengajukan perpanjangan masa transisi untuk penyelesaian RTG. (Suara NTB/dok)

Giri Menang (Suara NTB) – Bantuan dana gempa untuk pembangunan rumah tahan gempa (RTG) di Lombok Barat (Lobar) masih mengendap di rekening Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dana ini belum bisa dicairkan karena masih ditahan pencairannya oleh BNPB.

Kaitan dengan itu, Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid di dampingi kepala pelaksana (Kalak) BPBD, Mahnan bertemu dengan Sestama BNPB di Jakarta untuk menyelesaikan kendala yang ada. Mahnan yang sedang berada di Jakarta mendampingi Bupati dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin, 13 September 2021 mengatakan dana bantuan gempa Rp54 miliar belum bisa dieksekusi. “Ya (belum bisa dieksekusi). Itu makanya kami sampaikan ini (ke BNPB),” jelas dia.

Iklan

Dana bantuan Rp54 Miliar ini untuk penerima bantuan 3.387 rumah yang belum tuntas. Dana ini merupakan sisa dana dari droping tahap I dan II yang dialihkan lantaran calon penerima yang bermasalah baik yang masuk data anomali dan sudah dibangunkan RTG pada tahap sebelumnya.

Calon enerima bantuan 3.387 ini sudah masuk review Irtama. Namun ketika itu belum ada dana. Sehingga dana Rp54 miliar ini yang akan dipakai untuk penanganannya. Bupati bersamanya bertemu BNPB untuk melakukan perpanjangan waktu transisi, karena berakhir bulan Agustus. Sementara untuk pengerjaan RTG ini butuh waktu. Sebelumnya perpanjangan masa transisi, dilakukan kolektif bagi tujuh kabupaten/kota yang terdampak gempa. “Sekarang rekomendasi¬† untuk perpanjangan itu masing-masing kabupaten sesuai kebutuhan,” ujarnya. Sejauh ini ada tiga daerah yang butuh perpanjangan yakni Lobar, KLU dan Lotim.

Persetujuan perpanjangan masa transisi ini berdasarkan usulan Bupati melampirkan SK lalu dikaji oleh BNPB. Layak tidak diperpanjang. Sehingga Bupati langsung yang menyampaikan didampingi Kalak. “Kita diterima langsung oleh Sestama BNPB selaku penentu kebijakan,” imbuhnya. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional