Rp500 Miliar untuk Tahap Pertama Pelabuhan Teluk Santong

M. Husni Djibril. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril menegaskan, pembangunan Pelabuhan Teluk/Tanjung Santong akan terbangun. Dari komunikasi dengan Direktur PT. Pelindo III Surabaya, anggaran yang akan dikucurkan untuk tahap pertama proyek ini direncanakan Rp500 miliar.

Disampaikan Bupati, informasi dari Direktur PT. Pelindo III Surabaya, Doso Agung, rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong sudah mendapatkan persetujuan di Menteri BUMN RI melalui Penyertaan Modal Negara (PMN). PMN tersebut akan diajukan untuk tahun 2020 sebesar Rp500 miliar tahap pertama. Di mana dalam waktu dekat akan dilakukan pembahasan. Karenanya, pihak Pelindo meminta dukungan dari Pemkab Sumbawa  terkait hal tersebut.

Iklan

“Kesimpulan dari percakapan itu sudah pasti terbangun. Karena sudah masuk di APBN. Tahap pertama itu Rp500 miliar. Itu 2020 dibahas untuk masuk di DPR RI karena sudah ada petunjuk. Tahun 2021 baru dibangun,” kata Bupati.

Dijelaskan Bupati, Pelindo juga akan menyelesaian Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan dan Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2020 ini. Adapun terkait item pekerjaan yang dilaksanakan di tahap pertama, Bupati tidak mengetahui secara pasti, karena bersifat teknis. “Total anggaran yang dibutuhkan adalah Rp1,4 triliun. Untuk tahap awal apa yang dibangun, saya tidak tahu karena itu teknis sekali,” tandasnya. (ind)