Rp33 Miliar Klaim Penanganan Pasien Covid-19 Belum Dibayar Pusat

Arbain Ishak (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Tagihan penanganan pasien Covid-19 di RSUD Tripat mencapai Rp33 miliar belum dibayarkan oleh pemerintah pusat. Biaya penanganan pasien ini akumulasi sejak tahun 2020 dan 2021. Pihak RSUD sendiri sudah mengajukan ke pusat, namun belum dibayar oleh Kementerian Kesehatan. Kondisi ini mengakibatkan pihak rumah sakit menjadi kalang kabut.

“Yang menjadi kendala tagihan klaim penanganan pasien Covid-19 belum dibayar Rp 33 miliar oleh pusat. Tagihan klaim ini akumulasi tahun 2020 dan 2021. Terdiri dari Rp9 miliar tahun 2020 dan 2021 sebanyak Rp24 miliar,’’ ungkap Direktur RSUD Tripat Arbain Ishak kepada Suara NTB, Kamis, 20 Mei 2021.

Iklan

Dalam hal ini, pihaknya sudah mengajukan Rp 9 miliar ke pusat, namun ditolak. Terakhir pusat, menekankan batas waktu pengajuan tanggal 15 Mei, karena kalau tidak diusulkan terancam tidak bisa diklaim. Akan tetapi sampai saat ini usulan itu belum juga disetujui pusat.

Penyebab belum disetujuinya tagihan rumah sakit, jelas Arbain, karena alasan masih diperiksa BPK. Akan tetapi akibat kondisi ini yang tersiksa adalah RSUD. Sementara pelayanan penanganan Covid-19 tetap berjalan. Sehingga terpaksa disiasati dengan berutang. Bahkan dia tengah mencari tempat berutang lagi. “Bagaimana ndak rapot, terpaksa kami berutang sana sini,” kata dia.

Dengan kondisi ia terpaksa harus banyak berutang. Bahkan karena beberapa tempat berutang menagihnya, terpaksa ia meminjam ke tempat lain, sehingga ia pun mensiasati itu dengan gali lubang tutup lubang.

Berbeda dengan pembayaran klaim BPJS yang sebelumnya kerap tersendat, untuk saat ini lancar. Dampak klaim penanganan pasien Covid-19 belum dibayar, kondisi ini juga berpengaruh terhadap pendapatan rumah sakit, sejauh ini dari target Rp 50 miliar. Kalau tagihan itu terbayar maka pendapatan bisa tercapai 70 persen lebih. “Yang jelas kami harus targetkan bisa lebih dari itu (Rp 50 miliar, red) biar aman,”imbuhnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional