Ribuan Warga Kota Bima Belum Nikmati Internet dan Krisis Air Bersih

Kantor PDAM di Kelurahan Lela Mase yang sudah lama tidak beroperasi lagi. Hal itu membuat warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih, Senin, 6 September 2021.(Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Wilayah atau daerah di sebuah Kota tidak menjamin maju dan berkembang. Buktinya di wilayah Lela Mase salahsatu Kelurahan di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima masih jauh tertinggal.

Kurang lebih sebanyak 1.000 kepala keluarga (KK) di Kelurahan paling timur Kota Bima ini ternyata masih bergantung sinyal internet dari Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. “Ada sekitar 1.000 KK warga Kelurahan Lela Mase yang bergantung jaringan dari Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima untuk mengakses internet,” kata warga setempat, Arif, Senin, 6 September 2021.

Iklan

Ia mengaku kondisi jaringan internet tersebut selamanya bagus. Kadang buruk dan hilang sesekali. Jika warga mengakses jaringan internet di dalam rumah otomatis jaringannya buruk. “Agar bisa mengakses jaringan internet, kami harus keluar rumah atau ke pinggir kampung. Ini sudah lama dialami warga Lela Mase,” katanya.

Dalam mengatasi persoalan itu, warga sudah pernah mengusulkan pembangunan tower di Kelurahan setempat dan pihak terkait sudah turun survei. Hanya saja sampai saat ini belum ada tindaklanjut. “Sudah pernah kita usulkan dulu dan sudah pernah turun survei malahan. Tapi belum ada tindak lanjut sampai sekarang,” katanya.

Selain akses internet yang belum ada, sebagian warga Lela Mase khususnya yang berada di Lingkungan Sori Baru setiap musim kemarau kesulitan mendapatkan air bersih. Sulitnya mendapatkan air karena PDAM yang sudah tidak aktif beroperasi.

“Warga disini hanya mengandalkan air dari pipa PDAM. Kalau tidak lancar dan beroperasi seperti saat ini, otomatis warga sulit dapatkan air bersih,” ujarnya.

Dengan kondisi Lela Mase yang masih terbelakang, yakni tak ada jaringan untuk akses internet dan kesulitan air bersih, Ia merasa Pemkot Bima masih menganaktirikan Kelurahan Lela Mase. “Kami berharap Pemkot Bima segera memperhatikan Kelurahan Lela Mase. Terutama mengatasi persoalan air bersih yang sangat dibutuhkan warga,” pungkasnya. (uki)

 

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional