Ribuan Usaha Mikro di Dompu Belum Dapat Bantuan Covid-19

Ilustrasi Usaha mikro seperti PKL masih belum mendapat bantuan usaha dari pemerintah. (Wikipedia)

Dompu (Suara NTB) – Dinas Perindustrian dan UKM Kabupaten Dompu, sudah mengirim data ribuan pengusaha mikro terdampak pandemi Covid-19. Mereka rencananya akan mendapat bantuan usaha dari pemerintah provinsi maupun pusat. Namun, sampai saat ini belum ada satupun yang direalisasikan.

Kadiskop dan UKM Dompu, Drs. H Rifaid kepada Suara NTB menjelaskan, dari sekian sektor kehidupan masyarakat pengusaha mikro termasuk merasakan dampak buruk dari pandemi Covid-19 ini. Bagaimana tidak, modal yang sedianya akan dipakai untuk kegiatan usaha habis buat memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Iklan

Mengingat data mereka diminta pemerintah provinsi dan pusat untuk memperoleh bantuan usaha, pihaknya pun mengirim data-datanya. Namun sampai jaring pengaman sosial tahap II dikucurkan tak juga direalisasikan.

“Karena tidak ada yang membeli otomatis produksinya berkurang, pendapatannya berkurang. Kita sudah laporkan ke pusat, sehingga disuruh kirim data. Kita sudah kirim, kemarin saya telefon provinsi katanya lagi membahas bagaimana pola bantuan,” ungkapnya.

Terakhir, lanjut Rifaid, bantuan bagi usaha mikro seperti PKL di trotoar jalan dan pusat-pusat keramaian itu dipertanyakan langsung pada Diskop UKM NTB, tepatnya saat mengikuti Kunjungan Kerja (Kunker) Gubernur NTB ke Dompu beberapa waktu lalu.

Untuk data usaha mikro yang dikirim ke provinsi ada 100 orang, sementara ke pusat sampai ribuan orang. Namun demikian, belum ada satupun diantaranya yang sudah mendapat bantuan. “Katanya di pusat sedang disesuaikan, ya mudah-mudahan ada,” harapnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional