Respons Keluhan Pedagang, Pemda Timbun Areal Pasar Gunungsari yang Becek

Pemda Lobar mulai menimbun areal Pasar Gunungsari yang dikeluhkan pedagang karena kondisi becek. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) merespon keluhan pedagang dan permintaan sejumlah aktivis Kasta Lobar terkait kondisi Pasar Gunungsari yang becek dan berlumpur. Pihak Pemda melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan OPD terkait mulai melakukan penimbunan areal pasar tersebut menggunakan tanah uruk.

Hal tersebut disampaikan Sekda Lobar H. Baehaqi di ruang kerjanya, Jumat, 5 Maret 2021.

Iklan

Menurutnya, penimbunan ini adalah langkah jangka pendek atau sementara yang dilakukan oleh Pemkab untuk mengatasi kondisi pasar yang becek. Ia mengatakan Pemkab mengambil langkah ini agar masyarakat dan pedagang yang melakukan transaksi di pasar dapat beraktivitas dengan lebih nyaman. “Pasar ini adalah pusat perekonomian masyarakat dan kami tentu memberikan perhatian yang besar agar kegiatan ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

H.Baehaqi mengatakan pasar merupakan pusat ekonomi masyarakat yang dapat menggerakan sektor ekonomi masyarakat. Karenanya pemerintah daerah memiliki komitmen yang tinggi untuk terus mengembangkan pasar-pasar yang ada di Lobar.

Salah satu yang menjadi perhatian dari Pemkab untuk pasar-pasar di Lobar khususnya Pasar Gunungsari adalah Pemkab akan melakukan langkah jangka panjang melalui penataan pasar secara menyeluruh, sehingga pasar lebih nyaman dan mudah diakses oleh masyarakat.

Mantan Kepala Bappeda ini mengatakan pada APBD Perubahan 2021 pemkab akan menganggarkan perbaikan pasar dan penataan Pasar Gunungsari agar lebih representatif dan nyaman. Salah satunya yang akan direncanakan adalah pembangunan drainase dan penataan lahan untuk mengantisipasi banjir dan becek yang selama ini dikeluhkan oleh pedagang. Hal ini agar masyarakat yang melakukan transaksi di pasar merasa nyaman dan aman.  “Tentu kami di pemkab akan terus menata ini, sehingga masyarakat aman dan nyaman untuk melakukan transaksi di pasar,” ujarnya.

Ke depannya pihaknya akan menyusun master plan terpadu untuk pasar dan akses serta fasilitasi umum di sekitar pasar. Hal ini agar memudahkan proses perencanaan dan penataan pasar, sehingga dapat berkelanjutan. Ke depannya pemkab juga akan melakukan penataan pasar agar lebih modern dan lengkap.

Sementara itu, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah saat menerima hearing LSM  Kasta Terkait dengan Pasar Gunungsari mengatakan bahwa DPRD akan berkoordinasi dengan eksekutif terkait dengan pembangunan Pasar Gunungsari ini. Ia juga mengatakan DPRD akan menekan eksekutif untuk dapat melakukan perencanaan yang matang dan membuat kebutuhan anggaran, sehingga dapat dialokasikan dalam APBD Perubahan. (her)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional