Resmikan Depot Mini LPG, Gubernur Tak Ingin Masyarakat Jadi Penonton

SAMBUTAN - Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah memberikan sambutan pada peresmian depot mini LPG di Sekotong, Kamis, 13 Desember 2018. (Suara NTBher)

Giri Menang (Suara NTB) – Gubernur NTB,  Dr.  H. Zulkieflimansyah, SE., MSc., meresmikan secara langsung Depot Mini LPG PT.  Pertamina Patra Niaga di Desa Sekotong Barat Kecamatan Sekotong Lombok Barat, Kamis, 13 Desember 2018. Dalam acara peresmian itu,  Gubernur NTB dengan tegas meminta agar pihak perusahaan dalam hal ini Pertamina tidak membuat masyarakat sekitar menjadi penonton.  Gubernur meminta agar masyarakat sekitar diberdayakan menjadi tenaga kerja di depot mini LPG tersebut.

 

Iklan

“Pembangunan yang berhasil adalah pembangunan yang bermanfaat bagi warga sekitar. Kami berharap tenaga kerjanya berasal dari warga desa sekitar. Tidak ada gunanya kita membangun bangunan megah,  sementara masyarakat kita jadi penonton,”  ujarnya.

 

Ia tak ingin keberhasilan pembangunan hanya sebatas angka, namun lebih penting keberadaan depot mini akan sangat berguna jika diisi oleh warga sekitar. Tidak ada gunanya kata dia, ada depot LPG bagus kalau warga sekitar jadi penonton.

 

Belajar dari pengalaman pertambangan emas di NTB termasuk terbesar di Indonesia, hanya saja warga sekitar tambang yang ingin memperoleh emas harus pergi menjadi TKI. Termasuk saat ini tengah dibangun Mandalika, dengan berbagai hotel berbintang harus juga merekrut warga sekitar.

 

Direktur Utama PT. Pertamina Patra Niaga,  Ageng Giriyono dalam sambutannya menyatakan peresmian Depot Mini LPG Lombok merupakan kado ulang tahun bagi Provinsi NTB.  Dijelaskannya, Depot Mini LPG yang dibangun oleh PPN ini memiliki kapasitas 2 X 1500MT yang berada di atas lahan seluas 60.310M2 dengan kapasitas dermaga 3500DWT dan menjadi bagian dari salah satu program pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) untuk mendukung program konversi minyak tanah ke LPG.

 

Supply Point untuk Depot Mini didatangkan dari Kalbut Situbondo melalui kapal tanker LPG yang bersandar langsung di lokasi Depot Mini LPG untuk kemudian disimpan di storage LPG Lombok dan disalurkan ke SPPBE dengan menggunakan Skid Tank Truck LPG berkapasitas 12MT. (her)