Resmi Pimpin Polda NTB, Ini Prioritas Tomsi Tohir

0
Tomsi Tohir. (Suara NTB/ars)

Mataram (Suara NTB) – Usai serah terima jabatan di Mabes Polri, Kapolda NTB yang baru Irjen Pol. Tomsi Tohir memulai hari pertama aktivitasnya Kamis, 9 Januari 2020. Beberapa kegiatan penting menantinya, salah satunya pengamanan Pilkada serentak di NTB yang semakin dekat menjadi agendanya .

Kapolda mengaku akan merencanakan dengan baik pola pengamanan Pilkada serentak di tujuh kabupaten dan kota di NTB. Daerah dan tahapan rawan akan dipetakan untuk ditangani dengan tepat.

IKLAN

‘’Tentu, kunci dari keberhasilan adalah merencanakan pengamanan yang baik. Saya rasa, kesadaran dari  masyarakat bahwa Pilkada sarana memilih pemimpin. Jangan sampai menciptakan situasi permusuhan  atau memutus silaturahmi,’’ kata Kapolda.

Sebelum  sampai ke tahapan Pilkada, ia mengimbau sejak awal masyarakat mempersiapkan kompetisi diawali membangun kerukunan.  Memahami bahwa perbedaan pendapat adalah hal biasa. ‘’Bukan berarti harga mati  atau memutus tali silaturahmi,’’ ujarnya. Ia pun yakin masyarakat NTB sudah dewasa soal ini.

Setelah tongkat komando Kapolda NTB diserahkan  Kapolri pindah ke tangannya, ia optimis  mampu memberi perlindungan kepada masyarakat NTB dari ancaman dan gangguan kamtibmas.

Sementara hal-hal baik, program  kerja yang sudah dilakukan Kapolda NTB sebelumnya Irjen Pol. Nana Sudjana, akan dilanjutkan dan ditingkatkan.  ‘’Agenda-agenda penting, rencana Pilkada, kejadian menonjol, akan kita bahas. Tentunya untuk pengamanan Pilkada yang baik,’’ tandasnya.

 Selain soal Pilkada, ada kalender Kamtibmas yang sudah masuk dalam agenda pengamanan rutin pihaknya. Selain gangguan Kamtibmas, juga hal yang berkaitan dengan dampak cuaca buruk, peristiwa rutin  dan peristiwa insidentil lainnya.

‘’Banyak hal hal yang disampaikan ke saya saat pertemuan pertama ini. Maka, kita akan bersama sama nanti, bahu membahu jaga kerukunan dan keamanan masyarakat,’’ tandasnya.

Tomsi Tohir lahir di Lampung Barat, Provinsi Lampung,  merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol), tahun 1990, dengan pengalaman dalam bidang Reserse. Karir Tomsi dalam kepolisian diantaranya,  Kapolres Pamekasan,   Kapolres Jombang (2009),   Wakapolrestabes Surabaya (2010),  Kabid Propam Polda Jatim (2011).  Analis Kebijakan Madya Bidang Jemen Ops Itwasum Polri (2014),  Dir Reskrimsus Polda Sumsel (2016),  Sesropaminal Divpropam Polri (2016),  Karowassidik Bareskrim Polri (2017),  Kapolda Banten (2018 ) dan  Kapolda NTB (2019). (ars)